in

Pemko Gelar Festival Gadih Minang Marandang

ANTUSIAS: Para peserta terlihat sangat antusias memasak rendang di ajang Festival Gadih Minang Marandang,
Kamis (9/3).(IST)

Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Gadih Minang Marandang di Pelantaran Jam Gadang, Kamis (9/3).

Kegiatan ini merupakan salah satu kalender iven wisata Pemko Bukittinggi yang diikuti oleh para peserta yang merupakan siswi SMP dan SMA se-Kota Bukittinggi.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Aprillia Astuti mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestarikan kuliner lokal khas Minangkabau dan peserta wajib memakai baju kurung.

“Peserta sangat antusias, jumlahnya mencapai 60-an orang terdiri dari siswi SMP dan SMA di Bukittinggi,” ungkap April. Aprillia menjelaskan, festival dilaksanakan di sebuah tenda besar.

Di kanan-kiri, peserta melakukan proses memasak rendang dengan saling berhadapan. Mereka memasak rendang dengan menggunakan kompor portable gas 3 kilogram.

Saat peserta tengah memasak, dewan juri yang terdiri dari chef, akademisi maupun bundo kanduang memantau kegiatan ini.

Salah seorang dewan juri, Edi Irawan yang merupakan chef di Hotel Santika mengatakan, penilaian mencakup beberapa hal. “Kita mulai dari kebersihan, kemudian proses pembuatan, waktu, tekstur dan terakhir soal rasa,” ungkap Edi. (ptr)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Optimalkan Irigasi, Nagari Bentuk P3A

Perbaikan Jembatan Sungai Pangkua Tuntas