in

Pemko Padangpanjang Gelar Rakor Perencanaan dan Forum Satu Data

Sekdako Sonny Budaya Putra memimpin Rakor Perencanaan dan Forum Satu Data Kota Padangpanjang, Senin (19/9) di Aula Bappeda. Beberapa point yang jadi pembahasan dalam rapat yang diikuti seluruh OPD ini, di antaranya evaluasi perencanaan tahun ketiga RPJMD dan Renstra PD 2018-2023, Penyusunan RPD dan Renstra PD 2024-2026, serta kondisi terakhir Portal Satu Data Kota Padangpanjang.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga penandatanganan penetapan Data Prioritas oleh perwakilan OPD, Bappeda, Dinas Kominfo dan BPS Kota Padangpanjang.

Sekdako Sonny menyampaikan tujuan evaluasi RPJMD ini untuk melihat capaian pelaksanaan pembangunan tahun ketiga (2021) RPJMD melalui penilaian terhadap capaian  indikator kinerja makro, indikator kinerja tujuan dan sasaran strategis dan program prioritas.

“Di samping itu, juga untuk mengidentifikasi berbagai kelemahan sebagai masukan untuk memacu percepatan pencapaian target untuk tahun berikutnya,” jelasnya.

Terkait Forum Satu Data, Sonny menyampaikan akan ada evaluasi dua minggu ke depan. Untuk itu, pihaknya berharap masing-masing OPD dapat menyampaikan kendala dan permasalahan yang dihadapi, nantinya akan terus dimonitoring Dinas Kominfo.

Kepala Bappeda, Rusdianto menyampaikan, hasil capaian kinerja tujuan dan sasaran strategis RPJMD 2021, ada 18 indikator yang melebihi target, tiga indikator mencapai target dan sembilan indikator di bawah target.

“Adapun beberapa capaian kinerja indikator makro RPJMD tahun 2021 di antaranya Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) dari target 2.77% realisasi 3.46% dengan capaian 124,91%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari target 78,23% realisasi 77,97% dengan capaian 99,67%.,” jelasnya. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Genius Umar: Kota Pariaman Targetkan Pelaksanaan BIAN 95 Persen

Puluhan Tahanan Mendapatkan Penyuluhan Hukum