in

Pendidikan Pada Era Digital

Halimah, S.Pd
UPTD SMPN 1 Kecamatan Lareh Sago Halaban

Tak bisa kita pungkiri, perkembangan teknologi dan informasi saat ini semakin pesat. Ini tentunya berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan dewasa ini pun telah banyak menghasilkan perubahan.

Dalam dunia pendidikan sudah dirasakan bahwa adanya perubahan pada pembelajaran. Era digital menuntut dunia pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan.

Contoh pengaruh digitalisasi dalam dunia pendidikan kini sudah dirasakan yaitu adanya program pendidikan jarak jauh atau biasa kita sebut sebagai kelas online. Larangan tatap muka ternyata tidak menjadi batasan bagi guru, siswa, dan orang tua siswa untuk tetap melaksanakan proses belajar mengajar.

Kemajuan dari teknologi dan informasi sudah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik dari segi positif maupun negatif. Hal ini dikarenakan pengaksesan media informasi dan teknologi ini tergolong sangat mudah atau terjangkau.

Teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Bahkan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering menjumpai adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh pendidik yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses pembelajaran.

Namun dengan demikian, teknologi itu tidak hanya mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negatif, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu.

Dalam dunia pendidikan, kemajuan teknologi dapat meruntuhkan jarak antara tenaga pengajar dan pelajar. Masyarakat akan terbiasa untuk belajar melalui pengajaran maya. Dengan demikian tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar. Teknologi berkembang sangat pesat disertai dengan munculnya aplikasi yang sangat mudah dipelajari dan dimanfaatkan.

Peralatan teknologi yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat adalah gadget yang banyak memiliki fitur-fitur aplikasi yang mudah untuk digunakan dalam mencari informasi pembelajaran, dalam gadget sudah banyak memiliki aplikasi media sosial yang bisa digunakan dalam mencari materi pembelajaran dan sangat mudah dalam penerapannya.

Dengan sangat mudahnya mengakses perkembangan teknologi melalui jaringan internet ilmu pengetahuan sangat mudah diakses dan disebarluaskan, bahkan dengan bantuan teknologi ini seorang guru dan siswa mampu menerapkan pembelajaran tanpa melaksanakan tatap muka atau menggunakan aplikasi online.

Hal ini mengindikasi bahwa peran teknologi sangat signifikan dalam pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Pada saat sekarang ini perkembangan teknologi berjalan dengan sangat cepat sehingga memiliki dampak positif.

Dampak positif dari perkembangan teknologi terhadap dunia pendidikan, antara lain memudahkan dalam mencari informasi yang sedang dibutuhkan. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendaya gunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Dapat membuat perpustakaan online (perpustakaan dalam bentuk digital). Selain dampak positif, perkembangan teknologi juga memiliki dampak negatif pada dunia pendidikan, yaitu banyaknya informasi yang menarik bagi siswa di internet membuat siswa terkadang tidak fokus ketika pembelajaran sedang berlangsung.

Banyaknya informasi menarik atau game online membuat siswa menjadi malas belajar. Mereka lebih suka menjelajahi dunia mayanya dengan berbagai informasi menarik yang disajikan. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal.

Demikianlah berbagai efek negatif teknologi terhadap dunia pendidikan, siswa khususnya yang menjadi korban langsung dari derasnya arus informasi. Semua pihak harus ikut mengontrol arus informasi yang diterima agar siswa bisa kembali menerima pendidikan dengan baik dan benar.

Beberapa masalah dan tantangan yang dihadapi dunia pendidikan di era digital, antara lain kualitas pendidikan, profesionalisme tenaga kependidikan, kebudayaan, strategi pembelajaran, tantangan perbaikan manajemen, serta tantangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diinginkan. Teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam bidang pendidikan.

Banyak manfaat yang bisa diambil untuk membantu pendidik dalam melaksanaan proses kegiatan belajar mengajar dan komunikasi sebagai kontrol siswa dirumah maupun kontrol orang tua disekolah.

Namun adanya dampak negatif dari teknologi tidak kalah, hanya bagaimana pendidik dan orang tua dapat mengontrol dan mengawasi anak agar tidak terjerumus dalam dampak negatif perkembangan teknologi saat ini. Setiap perubahan akan berdampak pada masa yang akan datang, demi mencapai sebuah kesuksesan.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ganjar Tegaskan Kades Di Pati Jangan Korupsi

Beri Logo Stop Gratifikasi Ke Kendaraan Dinas, Ganjar Dorong Agar Tidak Korupsi