in

Pengertian Buku Digital atau E-Book Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Memahami buku digital adalah salah satu hal yang dapat Anda pelajari dan pelajari tentang perkembangan teknologi di bidang penerbitan atau publishing. Saat ia mulai meninggalkan penerbitan buku tradisional dan menggantinya dengan penerbitan buku yang lebih modern.

Tentu ada keuntungan, kelebihan, dan kekurangannya karena apapun yang dibuat manusia tidak mungkin sempurna. Namun dalam proses perkembangannya sangat diminati dan diminati oleh sebagian besar masyarakat.

Terutama yang bergerak di bidang ini, seperti guru, dosen, mahasiswa, mahasiswa, penggiat atau peminat membaca buku, dll. Oleh karena itu, kemunculan buku digital tidak dapat dipungkiri karena perkembangan era digital saat ini.

Apa definisi buku digital?

Buku digital, e-book (e-book) atau e-book dapat diartikan sebagai buku yang disusun, ditransformasikan, dan diterbitkan dalam format digital. Berikut beberapa hal yang bisa dibahas atau dideskripsikan satu per satu agar Anda semua bisa lebih mudah memahaminya.

1. Buku disusun secara digital

Pertama, buku yang diterjemahkan secara digital. Artinya, buku itu disusun dengan cara yang lebih modern yang mencakup berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) dalam sistem komputerisasi.

Dengan kata lain, buku ini ditulis dan dibuat menggunakan alat bantu berupa personal computer (PC), laptop, tablet, smartphone, atau apapun.

Di dalam alat tersebut terdapat program atau aplikasi yang digunakan untuk menulis huruf atau kata dalam proses penyusunan buku. Tidak hanya huruf, tetapi juga kemungkinan menyisipkan gambar, tabel, gambar dan elemen pendukung buku.

Semua itu bisa dilakukan dengan satu komputer yang memiliki banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat buku digital. Oleh karena itu, buku itu tidak dibuat dengan tangan atau secara tradisional, seperti dengan tulisan tangan atau menggunakan mesin tik.

Pembuatan brosur semacam itu ditinggalkan karena tidak praktis dalam banyak hal.

2. Buku digital

buku digital

Apalagi bukunya sudah digital. Artinya, buku yang dihasilkan komputer tidak dicetak dalam buku cetak atau buku cetak.

Namun, buku tersebut masih tersimpan di komputer Anda dengan file yang nantinya dapat dilihat lagi untuk dibaca, diedit, atau disimpan. Proses konversi juga masih melibatkan komputer dimana terdapat aplikasi khusus untuk Anda lakukan.

3. Buku yang diterbitkan secara digital

buku yang diterbitkan secara digital

Akhirnya, buku diterbitkan secara digital. Artinya, buku-buku digital yang telah selesai dan diedit dengan tujuan untuk mempromosikan, menjual atau mendistribusikan secara gratis kepada banyak orang di sana dapat diterbitkan.

Cara tersebut masih juga melibatkan sistem komputerisasi, namun dipadukan dengan teknologi internet karena melibatkan jaringan di dunia maya. Dengan kata lain, penerbitan buku digital melalui berbagai platform media sosial sudah menjadi hal yang lumrah saat ini.

Dengan cara ini, semakin banyak orang yang menyadari keberadaan buku di dunia maya. Selain itu, buku digital dapat dibaca atau diunduh oleh banyak orang untuk mendapatkan manfaat darinya.

Inilah pengertian buku digital dengan sedikit aliran atau proses pembuatan buku digital secara garis besar perlu Anda ketahui. Ini mungkin berguna.

Baca juga: Cara menambahkan halaman ke Word

Manfaat buku digital

Setelah mengetahui pengertian dari buku digital di atas, mungkin Anda semua bertanya-tanya tentang manfaatnya. Wajar jika membandingkan buku tradisional dengan buku digital, yang memiliki keunggulan tersendiri.

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda pasti bisa mempertimbangkan untuk memilih buku digital, buku tradisional, atau keduanya. Secara umum, manfaat buku digital adalah sebagai berikut.

1. Membaca buku lebih mudah dan praktis

Membaca buku lebih mudah

Inilah manfaat utama saat membaca buku digital. Pasalnya, Anda dapat membuka buku di perangkat Anda dalam bentuk file tertentu menggunakan aplikasi komputer. Selain itu, Anda dapat membaca buku digital sepuasnya.

Apalagi yang menggunakan smartphone berukuran lebih kecil dan bisa dibawa kemana-mana. Anda juga dapat membuka dan membaca buku digital melalui smartphone Anda. Dengan cara ini, membaca buku menjadi lebih mudah dan praktis.

2. Belajar jadi lebih menyenangkan

Belajar jadi lebih menyenangkan

Mereka yang ingin belajar dengan banyak membaca buku tidak perlu lagi membawa atau membawa buku berukuran besar. Anda juga tidak perlu jauh-jauh mengunjungi toko buku hanya untuk membeli buku yang Anda inginkan.

Pasalnya, memiliki buku digital dalam bentuk elektronik sangat bermanfaat bagi banyak orang untuk bisa membaca dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, belajar menjadi lebih menyenangkan tanpa membebani volume dan harga buku.

3. Proses belajar mengajar lebih menarik

Proses belajar mengajar lebih banyak

Khususnya di tingkat sekolah, dari SD hingga SMP/K. Guru tidak perlu lagi membagikan buku kepada seluruh siswanya. Bahkan, ada kemungkinan buku tersebut tidak gratis atau dijual.

Sebagai gantinya, guru hanya menyediakan file buku digital yang bisa dibuka dan kemudian dibaca di smartphone, tablet, atau laptop yang dibawa oleh siswa. Meski hanya menggunakan buku digital, proses belajar mengajar tetap interaktif dan lebih menarik.

Kelebihan dan kekurangan buku digital

Tentunya, buku digital juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda tidak hanya tahu arti buku digital, tetapi juga hal-hal lain. Dengan cara ini, Anda dapat lebih memahami tentang buku digital serta materi yang perlu dipertimbangkan.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan buku digital? Berikut adalah informasi lebih lanjut.

1. Keuntungan buku digital

Kelebihan buku digital

  • Buku digital mudah diakses oleh banyak orang yang ingin membacanya. Tidak peduli di mana dan jam berapa sekarang, Anda tetap bisa membaca buku selama Anda memiliki gadget. Oleh karena itu, banyak orang beralih ke buku digital.
  • Buku digital lebih murah. Bahkan, banyak buku digital yang didistribusikan atau diunduh secara bebas. Mereka yang ingin mengunduhnya harus mencari situs atau situs web yang menawarkan unduhan buku digital gratis.

Tampaknya mudah ditemukan karena ada banyak situs web yang menawarkan buku digital gratis untuk dibaca dan diunduh.

Baca Juga: Situs Download Buku Gratis

2. Kekurangan buku digital

Kekurangan buku digital

  • Buku digital hanya dapat diakses dan dibaca dengan alat bantu. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkannya terlebih dahulu. Selain itu, Anda harus menginstal aplikasi khusus untuk dapat membaca file buku digital.

Jika gadget atau aplikasi bermasalah atau rusak, Anda pasti tidak dapat mengakses buku digital.

  • Buku digital juga rentan terhadap virus atau malware yang menginfeksinya. Pasalnya, file tersebut sedang diunduh dari situs atau website yang tidak 100% aman. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati agar gadget Anda tidak terkena virus.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menginstal software antivirus terbaru di gadget Anda. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memindai file unduhan buku digital sebelum membuka dan membacanya.

Informasi tentang pengertian, manfaat, kelebihan dan kekurangan buku digital seperti yang telah dijelaskan di atas dapat menambah pengetahuan Anda di bidang ini. Setelah itu, Anda dapat mencari dan membaca buku digital yang diinginkan. Selamat membaca.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mau Nggak Dapetin Saldo Dari Maybank? Content Creator GoPlay, Sini Kumpul!

Alasan Kenapa Orang Jawa Tidak Punya Marga