in

Pentingnya “bonding time” bagi keluarga Titi Kamal

wajib dan enggak perlu mewah

Jakarta (ANTARA) – Sebagai public figure yang memiliki jadwal tidak menentu, pasangan selebritas Titi Kamal dan Christian Sugiono berupaya kompak untuk tetap melakukan bonding time bersama keluarga. 

“Setiap hari harus ada bonding untuk moment bersama keluarga,” ujar Selebriti Titi Kamal saat ditemui langsung di Jakarta, Senin.

Baca juga: Titi Kamal tak mau terjebak di horor meski “Makmum 2” sukses besar

Titi mengatakan aktivitas itu dapat dilakukan saat sarapan pagi, makan malam atau disela-sela waktu luang, dan telah dianggap layaknya kewajiban bagi keluarga mereka.

“Bonding di keluarga kami suatu hal yang wajib dan enggak perlu mewah, contohnya setiap malem sebelum anak-anak tidur di kamar kita melakukan canda tawa, nonton bareng, makan snack bareng, bercerita tentang kegiatan sehari-hari serta bermain games itu merupakan waktu bonding bagi kami,” tutur Titi.

Titi menuturkan sebagai orang tua harus memiliki satu suara antara ibu dan ayah. Salah satu upaya bonding time ialah memberikan snack.

Snack bisa menjadi salah satu bentuk penghargaan untuk anak, ketika anak-anak sudah melakukan pencapaian yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain maka penghargaan diberikan oleh orang tua.

Saskhya selaku psilkolog juga mengatakan hal yang sama bahwa bonding time sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

“Sejatinya menciptakan momen kebersamaan melalui aktivitas seru bersama keluarga memang penting untuk rutin dilakukan,” kata Psikolog & Co-founder Rumah Psikologi Tiga Generasi Saskhya Aulia Prima.

Saskhya melanjutkan aktivitas seru dan menyenangkan dilakukan agar ikatan emosional dapat terjalin antara orang tua dengan anak.

Bonding memiliki arti ikatan emosional yang terjalin antara orangtua dan anak. Aktivitas ini membentuk rasa aman dan dicintai akhirnya membuat anak lebih siap untuk mengeksplorasi dunianya.

Bonding time dilakukan saat orang tua ikut menemani anak bermain, makan bareng, dan belajar, hal ini sangat berdampak positif serta membangun emosi antara orang tua dan anak untuk mengembangkan motoriknya.

Titi Kamal dan Christian Sugiono menikah pada 6 Februari 2009 di Perth, Australia.

Baca juga: Tak mau kalah dari suami, alasan Titi Kamal belajar masak

Baca juga: Titi Kamal pilih baju Lebaran berbahan satin dengan warna bold

Baca juga: Titi Kamal ingin jalani Ramadhan dengan rasa syukur

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2022

What do you think?

Written by Julliana Elora

Proyek P3TGAI Ini Diduga “Mangkrak”, Ternyata Ini Penyebabnya

Joko Anwar enggan targetkan jumlah penonton “Pengabdi Setan 2”