in

Pentingnya Pahami Hubungan Interpersonal, Mahasiswa Psikologi UPI YPTK Sambangi PA Anak

PADEK.CO– Mahasiswa UPI YPTK Padang Jurusan Psikologi melakukan sosialisasi di Panti Asuhan (PA) Anak Mentawai dan Yatim Piatu H. Syafru Moesa tentang Pentingnya Hubungan Interpersonal di kalangan Anak Panti Asuhan.

Hubungan interpersonal dapat diartikan sebagai hubungan antar individu yang dibangun dalam interaksi sosial antara individu dengan individu lainnya.

Pemateri dari sosialisasi yaitu Fatimah Salsabila menyebutkan, hubungan interpersonal yang sehat dapat membantu anak-anak panti asuhan mengubah sikap dan perilaku yang tidak seimbang menjadi lebih positif serta memungkinkan anak – anak panti untuk membangun dan menjaga hubungan yang baik antar sesama.

Salah satu yang dapat dilakukan untuk menerapkan hubungan interpersonal di panti asuhan yaitu mengembangkan komunikasi interpersonal antar anak-anak panti dengan cara pengasuh harus membantu anak-anak dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka dengan menciptakan lingkungan yang positif dan mendukung.

Di panti asuhan, kita juga harus memperhatikan pentingnya hubungan interpersonal untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dalam interaksi anak-anak. Hal ini mencakup pengembangan kompetensi interpersonal dan meningkatkan keterampilan komunikasi mereka.

Hubungan interpersonal yang baik memungkinkan anak untuk mengembangkan kemampuan komunikasi yang efektif, seperti menginterpretasikan perasaan orang lain melalui bahasa tubuh dan mengatur konflik yang mungkin terjadi.

“Hubungan interpersonal yang sehat membantu anak memahami dan menghargai perbedaan serta mengembangkan kesadaran empati dan kasih sayang terhadap orang lain. Selain itu hubungan interpersonal yang baik dapat membantu mencegah anak untuk tidak berperilaku yang negatif,” ujar Fatimah, Minggu (14/1).

Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung hubungan interpersonal yang positif, anak-anak di panti asuhan dapat merasa lebih terhubung dengan orang lain dan merasa lebih bahagia dan percaya diri lagi dalam berinteraksi.(rel)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade, Kapolda Sumbar dan Deputi Kemenkop Bahas Dugaan Penipuan Koperasi

Kunjungi Posko Lapangan Erupsi Marapi, Andre Rosiade Diminta Perjuangkan Jalur Evakuasi