in

Penuturan aktor Deddy Soetomo tentang perannya dalam “Kartini”

Jakarta (ANTARA News) – Aktor senior Deddy Soetomo menghidupkan karakter Raden Mas Aryo Sosroningrat, ayah dari Kartini, dalam film biopik tokoh kenamaan Indonesia tersebut.
Meski sudah makan asam garam, baik itu di layar lebar, layar kaca hingga panggung pertunjukan, Deddy mengaku ada tantangan tersendiri saat berperan jadi ayah Kartini.
“Beliau juga sosok laki-laki yang bisa dibilang paling dekat dengan Kartini. Ada kedekatan emosional yang sangat kuat antara ayah dan anak di sini,” kata Deddy dalam siaran pers.
Kedekatan emosional dengan cerita asli dari Kartini di masa lampau jugalah yang membuatnya mau bermain di film ini.
Deddy mengenang masa kecilnya yang diwarnai cerita Kartini yang dituturkan oleh kakeknya. Aktor yang mulai berkarya sejak 1970 itu mendengarkan cerita mengenai kehidupan orang Jawa pada masa silam.
Kisah yang masih diingatnya itu jadi salah satu modal untuk memerankan Raden Mas Aryo Sosroningrat, namun itu saja belum cukup.
“Saya harus mencari dan menggali lagi, bagaimana latar belakang sosial, keningratan, dan tradisi pada waktu itu. Itu tantangannya. Saya banyak belajar dari orang-orang yang lebih paham tentang budaya Jawa pada waktu itu, bagaimana attitude, gerak-gerik dan tindak tanduk seorang bangsawan pada waktu itu,” papar Deddy.
“Ini sebuah kehormatan buat saya bermain di film ini. Saya yakin film ini akan menjadi catatan sejarah yang penting tidak hanya buat film dan sejarah Indonesia, tapi juga buat generasi muda yang akan datang.”

Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2017

What do you think?

Written by virgo

Kim Kardashian bercerita soal perampokan di Paris

Buleleng gencarkan sosialisasi pencegahan meningitis babi