in ,

Perbedaan Antara WA Blast dan WhatsApp Broadcast 

Kini WhatsApp telah menjadi idola bagi para marketing dan pebisnis online. Sudah banyak sekali deal dan transaksi besar yang terjadi menggunakan aplikasi messenger yang satu ini. Promosi di semua kanal baik sosial media, paid traffic atau juga website, pasti ujung-ujungnya akan bermuara pada WhatsApp. Orang Indonesia sendiri lebih menyukai berinteraksi langsunng ketimbang menggunakan keranjang belanja. Melihat potensi tersebut kini WhatsApp memberikan fitur broadcast pada aplikasinya. Selain itu ilmu mengenai WhatsApp marketing kini juga mulai ramai dibahas dan dicari oleh para marketer dan pedagang online lainya. Melihat kebutuhan itu kemudian para developer aplikasi Whatsapp membuat aplikasi WhatsApp Blast untuk menjembatani antara WhatsApp marketing dan kekurangan dari WhatsApp Broadcast.

Perbedaan Antara WA Blast dengan WhatsApp Broadcast

Meskipun tujuannya adalah sama-sama mengirim pesan secara masal namun WA Blast dan WhatsApp Broadcast memiliki cara kerja yang berbeda. Berikut perbedaannya :

WhatsApp Broadcast

Broadcast sendiri adalah fitur bawaan resmi dari aplikasi whatsapp, fitur ini dapat mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus. Hanya saja broadcast ini sangat terbatas, baik dalam jumlah kontak ataupun jangkauannya.

Broadcast hanya dapat mengirim pesan ke 256 kontak saja. Itupun dengan syarat nomor yang Anda kirimkan pesan tersebut sudah tersimpan pada kontak anda dalam ponsel. Jadi, meskipun Anda sudah menyimpan kontak mereka, tetapi meraka tidak menyimpan kontak Anda di smartphonenya, Maka pesan ini tentu tidak akan terkirim. Biasanya pesan tersebut tidak semua terkirim pada hari yang sama, jadi WhatsApp memberikan jeda waktu antar pesan. Karenanya terkadang pesan yang di kirim hari ini, akan sampai ke nomor tujuan pada esok hari atau hari selanjutnya.

Dalam artian, meskipun Anda mengirimkan pesan pada waktu yang sama. Pihak WhatsApp secara otomatis akan mengatur delay atau jeda antar pesan tersebut. Sehingga antara penerima pesan yang satu dengan yang lainnya tentu tidak akan mendapatkan pesan di hari yang sama. Namun jangan khawatir, delay yang diterapkan oleh pihak WhatsApp juga tidaklah terlalu lama karena hanya berkisar beberapa hari saja.

 WA Blast

WA Blast sendiri adalah aplikasi pengirim pesan whatsapp secara masal tanpa harus menyimpan nomor sebelumnya di kontak anda. WA Blast adalah aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan oleh developer, Jadi aplikasi ini sendiri tidak resmi dari WhatsApp. Tetapi aplikasi WA Blast ini memiliki banyak sekali fitur yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Broadcast.

WA Blast dapat mengirim pesan ke nomor pengguna tanpa perlu harus menyimpan nomor dan begitupun dengan nomor tujuan, juga tidak perlu menyimpan nomor anda dan tentu Pesan akan terkirim. Cukup membuat database di excell dan import ke dalam aplikasi WA Blast dan tulis pesan lalu kirim. Tentu cari ini sangat mudah untuk pesan anda akan tersampaikan.

Keunggulan lainnya yakni jumlah penerima pesan yang disebarkan menggunakan WA Blast ini juga tanpa batas. Anda dapat mengirimkan hingga ribuan pesan sekaligus. Aplikasi ini nantinya juga dapat membuat Anda mengatur tingkat konektivitas pesan hingga delay sesuai kebutuhan Anda. Fitur lainnya yang dapat Anda temukan dalam WA Blast diantaranya adalah grab kontak, bill join grup, dan masih banyak lagi.

Jika di tinjau dari fitur yang di sediakan antara keduanya, ternyata keduanya memiliki perbandingan yang sangat Jauh.

Fitur Pada WhatsApp Broadcast

  • Mengirim pesan hanya ke 256 kontak

Sedangkan Fitur Pada WA Blast

  • Mengirim pesan whatsapp dengan tanpa batasan
  • Dapat mengimport dan export kontak
  • Random Delay Time
  • Personalisasi Dinamis
  • Generate Nomor WA
  • Grab Kontak Group
  • Bulk Join Group Hasil Scrape
  • Scrape Nomor WA Dari Google Maps

Dan Masih banyak lagi, tergantung aplikasi WA Blast mana yang akan Anda gunakan. Meskipun demikian,  tentu keduanya terlihat jelas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan dan Kekurangan Pada Whatsapp Broadcast

Kelebihan

  • Merupakan Fitur resmi dari WhatsApp
  • Aman dalam mengirim pesan masal tanpa dihantui nomor akan terblokir

Kekurangan

  • Dibatasi hanya dengan 250 kontak saja
  • Harus save kontak terlebih dulu baik pengirim dan penerima pesan
  • Tidak dapat personalisasi misalkan menyebut nama, ada kemungkinan pesan tidak terkirim di hari yang sama

Kelebihan dan Kekurangan WA Blast

Kelebihan

  • Tidak memiliki batasan jumlah kontak untuk mengirim pesan
  • Tidak perlu menyimpan contact untuk mengirim pesan
  • Memiliki banyak fitur pendukung yang akan memudahkan strategi WhatsApp Marketing

Kekurangan

  • Bukan aplikasi resim dari WhatsApp atau bisa disebut juga Pihak Ketiga
  • Nomor berpotensi dapat terblokir WhatsApp jika tidak tau cara pemakaianya
  • Tidak semua WA Blast dapat berfungsi baik

Anda telah membaca kelebihan dan kekurangan antara kedua aplikasi tersebut. Sehingga anda seharusnya sudah dapat memilih sendiri yang menurut anda bagus untuk membantu kelancaran berkomunikasi anda terutama dengan kontak tujuan anda. Untuk mengkombinasikan keduanya sehingga strategi whatsapp marketing anda berjalan dengan lebih maksimal, powerful dan punya daya jangkau yang luas.

WA Blast digunakan untuk promosi sekaligus branding agar audiens (database) anda menyimpan secara otomatis pada kontak anda pada ponsel mereka. Sedangkan WhatsApp broadcast dapat digunakan untuk follow up target market dari hasil filter menggunakan WA Blast, sehingga lebih efisien dan tidak dihantui akan di blokir.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Penghuni Taman Kehati PT Semen Padang Bertambah, Rusa Totol asal Istana Bogor Lahirkan 3 Anak

Presiden Jokowi dan Presiden Steinmeier Sepakati Sejumlah Kerja Sama Indonesia-Jerman