in

Perdana Menteri Australia yang baru memilih Indonesia sebagai tujuan pertama

Perdana Menteri Australia yang baru memilih Indonesia sebagai tujuan pertama

Perdana Menteri Anthony Albaniz dari Australia. FOTO: ANTARA/AAP/Jason Edwards via REUTERS/tm

Rakyataceh.co, Jakarta – Perdana Menteri Anthony Albanese akan berkunjung ke Indonesia pada 5-7 Juni 2022, khususnya untuk memperkuat kemitraan ekonomi kedua negara dalam upaya pemulihan pasca-epidemi.

Indonesia akan menjadi kunjungan bilateral pertama ke perdana menteri Albania sejak ia menjabat sebagai perdana menteri Australia ke-31 pada Mei, menurut Santo Darmosumarto, direktur Biro Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Indonesia.

“Penunjukan perdana menteri Australia yang baru sebagai perdana menteri adalah salah satu tujuan pertama kunjungan ke Indonesia, dan perdana menteri Albania tampaknya akan melanjutkan tradisi itu,” kata Santo dalam jumpa pers online, Kamis.

Albania, yang dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada 6 Juni, akan lebih fokus pada pembahasan penguatan kerja sama ekonomi, termasuk implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). dibentuk pada tahun 2020.

Ia menambahkan, “Pada tahun 2021, perdagangan bilateral sebenarnya akan meningkat 70%, namun masih banyak bidang yang belum terpenuhi seperti yang diharapkan. . ‘ kata Santo.

Kunjungan Albania ke Indonesia juga menunjukkan pentingnya Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Australia yang dibentuk pada tahun 2018.

Ditanya oleh warga Albania dalam kunjungan tersebut apakah akan mengangkat isu AUKUS atau aliansi pertahanan Australia, Inggris dan Amerika Serikat, Santo menegaskan Indonesia akan lebih fokus membahas isu ekonomi.

“Kerja sama Indonesia dengan Australia yang sebelumnya fokus pada masalah keamanan dan pertahanan, kini memiliki dimensi lain dalam hubungan ekonomi dan masyarakat dan tampaknya semakin mendominasi kerja sama kedua negara,” katanya.

Keputusan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menguraikan pandangan pemerintah terhadap Indonesia.

Baca konten menarik lainnya dari Rakyataceh.co di: Rakyataceh.co

Artikel Perdana Menteri Australia yang baru memilih Indonesia sebagai tujuan pertama pertama kali tampil pada RakyatAceh.co.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jadwal menginap dan keberangkatan semua cluster…

Setkab Pangkas Belanja APBN Rp16,32 Miliar