in

Peringati HKN, Tabur Bunga di Makam Dr M Djamil

BERI KETERANGAN: Dirut RSUP Dr M Djamil Padang Dovy Djanas didampingi jajaran direksi saat memberikan keterangan terkait kegiatan tabur bunga di makam Dr M Djamil, Senin (24/10).(ADETIO/PADEK)

Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya dikenal sebagai penghasil pemikir-pemikir ulung Indonesia, tapi juga pahlawan yang bergerak di dunia kesehatan, salah satunya Dr. Mohammad Djamil, Arts, DPH Dt. Rangkayo Toeo.

Besarnya jasa Dr M Djamil terhadap dunia kesehatan selama masa perjuangan kemerdekaan RI, membuat namanya diabadikan sebagai nama rumah sakit, yakni RSUP Dr M Djamil Padang.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023, RSUP Dr. M. Djamil Padang berencana menggelar kegiatan tabur bunga di makam Dr. Mohammad Djamil, Arts, DPH Dt. Rangkayo Toeo, yang berada di Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman 2 November 2023 mendatang.

Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr. M. Djamil Padang Dr. dr. Dovy Djanas, Sp.OG(K) MARS, didampingi jajaran direksi RSUP Dr. M. Djamil dalam kegiatan jumpa pers, Senin (23/10) mengatakan, kegiatan tabur bunga tersebut merupakan bentuk penghormatan seluruh jajaran RSUP Dr. M. Djamil Padang kepada pahlawan kesehatan Sumbar dan Indonesia, yakni Dr. Mohammad Djamil, Arts, DPH Dt. Rangkayo Toeo.

“Ini (tabur bunga) adalah bentuk penghormatan dan penghargaan kami kepada beliau atas jasa dan pengorbanan yang telah diberikan kepada dunia kesehatan di Provinsi Sumbar, dan Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, Dr. M. Djamil tidak hanya berjasa pada dunia kesehatan, tapi juga merupakan pejuang kemerdekaan Indonesia, dibuktikan dengan dirinya yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sumatera Tengah pada zaman penjajahan. Bahkan, Dr. M. Djamil merupakan orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor di dua universitas terkemuka di luar negeri.

“Ini membuktikan bahwa orang-orang Sumbar memiliki kemampuan yang luar biasa. Ini yang harus kita tiru dan lanjutkan bagaiman Dr. M. Djamil Padang sangat memiliki kontribusi besar pada dunia kesehatan,” ujarnya.

Dovy mengungkapkan, kegiatan tersebut tidak hanya melakukan tabur bunga di makam, tapi juga menunjungi rumah Dr. M. Djamil Padang yang berada di Kayutanam, Kabupaten Padangpariaman. Rencananya juga akan dilakukan renovasi terhadap rumah tersebut.

“Tujuan renovasi dan perbaikan itu nantinya diharapkan bisa menjadi objek wisata sejarah baru yang dapat dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mengenal pahlawan kesehatan Provinsi Sumbar dan Indonesia,” kata Dovy.

Lebih lanjut Dovy menyampaikan, diharapkan dengan adanya kegiatan tabur bunga di HKN ke-59 tersebut, masyarakat, khususnya warga RSUP Dr. M. Djamil Padang bisa lebih mengenal lagi dengan sosok Dr. M. Djamil. Sehingga apa yang telah diberikan untuk Sumbar dan Indonesia, bisa dilanjutkan oleh generasi saat ini dan masa depan.

Selain menggelar kegiatan tabur bunga, dalam peringatan HKN ke-59 tahun 2023, RSUP Dr. M. Djamil Padang juga melaksanakan kegiatan sosial lainnya, seperti pengabdian masyarakat yang rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtelkab), Kota Padang.

“Mudah-mudah apa yang kami lakukan nantinya selama peringatan HKN ke-59 bisa memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya dalam layanan kesehatan,” pungkasnya. (adt)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BUMDes Karangrejo Mengorkestrasi Kawasan Wisata di Kabupaten Magelang

Gedung Rusunawa Diklaim Berstatus Ilegal