in

Pfizer Setuju Produksi Obat Covid-19 Versi Generik, akan Dipasok ke 95 Negara

PROHABA.CO – Perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer telah menandatangani kesepakatan untuk produksi dan memasok obat anti-virus Covid eksperimental.

Obat itu rencananya akan dipasok ke berbagai negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Melansir Al Jazeera, perjanjian antara perusahaan AS dan kelompok kesehatan masyarakat internasional, Medical Patent Pool (MPP) akan memungkinkan produsen untuk memproduksi dan memasok versi generik obat di 95 negara tanpa ancaman pelanggaran paten.

Sebagian besar negara yang termasuk dalam kesepakatan itu berada di Afrika dan Asia, mencakup sekitar 53 persen populasi dunia.

Baca juga: Tips Pola Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19

Baca juga: Langgar PPKM, 3 Tempat Hiburan di Medan Ditutup

“Pfizer tetap berkomitmen untuk menghadirkan terobosan ilmiah guna membantu mengakhiri pandemi ini bagi semua orang,” kata Albert Bourla, kepala eksekutif Pfizer, Selasa (16/11/2021).

“Kami percaya perawatan antivirus oral dapat memainkan peran penting dalam mengurangi keparahan infeksi Covid-19, mengurangi beban pada sistem perawatan kesehatan kami dan menyelamatkan nyawa,” tambahnya.

Kemudian Pfizer meminta regulator di Amerika Serikat untuk memberikan otorisasi penggunaan darurat pilnya.

Perusahaan itu mengatakan uji coba tahap akhir menunjukkan pil itu mengurangi kemungkinan rawat inap atau kematian bagi orang dewasa yang berisiko penyakit parah hingga 89 persen.

Uji coba mengevaluasi data dari 1.219 kasus positif di seluruh Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Afrika, dan Asia.

Obat tersebut terbukti paling efektif jika diminum pada tahap awal infeksi dan dikombinasikan dengan antivirus yang lebih tua yang disebut ritonavir.

What do you think?

Written by Julliana Elora

PT Banda Aceh Bebaskan Mohd Din dari Segala Dakwaan

80 Persen Warga Ulak Karang Utara sudah Divaksin