in ,

Pilgub Sumsel 2024 Resmi di Launching 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) resmi melaunching Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode 2024-2029 yang serentak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang. Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari didampingi PJ Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni dan Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya,  Minggu (5/5) di halaman kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang.(BP/udi)

Palembang, BP- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) resmi melaunching Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode 2024-2029 yang serentak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari didampingi PJ Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni dan Ketua KPU Provinsi Sumatera Selatan Andika Pranata Jaya,  Minggu (5/5) malam di halaman kantor KPU Sumsel, Jakabaring, Palembang.

Hadir diantaranya Ketua DPRD Sumsel Hj RA Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel Irjen A Rachmat Wibowo, Pangdam II Sriwijaya Mayjen Moh Naudi  Nurdika dan para undangan lainnya.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, mengatakan, peluncuran ini merupakan tanda dimulainya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Provinsi Sumsel. Ini juga pertanda komitmen bersama semua pihak dalam rangka menyukseskan agenda demokrasi serentak 2024.

 “Saya berharap masyarakat Sumsel dapat menggunakan hak pilihnya dan mudah-mudahan partisipasi masyarakat melebihi pilpres dan pileg,” ujar dia. Fatoni juga mengajak seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga iklim yang di Sumsel yang selama ini kondusif.Ini berkat kebersamaan, kekompakan dan komitmen menjalankan pesta demokrasi dengan baik. Mudah-mudahan sukses pemilu kemarin akan terulang pada pilkada. Kita pertahankan Sumsel zero conflict,” katanya.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengungkapkan, KPU merupakan lembaga pusat yang menyelenggarakan Pemilihan Umum dimana launching ini sebagai penanda akan diselenggarakannya Pemilihan Gubernur 2024.

“Ini pengalaman pertama kali Pilkada serentak dilaksanakan semua di 37 provinsi se- Indonesia kecuali provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan untuk kabupaten Kota serentak juga dilakukan Pilkada di 508 dari 514 Kabupaten Kota,” katanya.

Untuk Pemilihan Gubenur dan Wagub di Sumsel tahapannya bersamaan dengan yang lain.

“Kita sudah melaksanakan rekrutmen PPK. Dari 241 kecamatan di Sumsel besok tes tertulis. Selanjutnya rekruitmen calon PPS. Petugas disiapkan pada bagian awal karena untuk membantu kegiatan pemilihan umum,” kata Hasyim.

Masyarakat bisa berpartisipasi dalam menyukseskan pilkada dengan menjadi PPS.

Ketua KPU Provinsi Sumsel, Andika Pranata Jaya, mengatakan launching Pemilihan Gubenur dan Wagub 2024 di Sumsel ini merupakan peristiwa penting.

“Seremoni ini jadi penanda dimulainya tahapan pilkada serentak di Sumsel.. Di mana nanti 27 November 2024 merupakan hari H pencoblosan,” katanya.

Diakhir acara KPU Sumsel menghadirkan kelompok band Indonesia , Padi Reborn menandai dimulainya Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur periode 2024-2029 yang serentak akan diselenggarakan pada tanggal 27 November 2024 mendatang.#udi

Baca Juga:  Secangkir Kopi Tanpa Gula Di Meja Seorang Kepala Sekolah

What do you think?

Written by Julliana Elora

Seorang wanita warga tewas jatuh ke jurang

Pj Bupati Sandi Fahlepi Melepas Secara Resmi Kejurnas Nasional Motoprix Seri 1 2024