in

Pj Bupati Banyuasin lepas tim ke Festival Tari Nusantara

Banyuasin, Sumsel (ANTARA) – Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Muhammad Farid didampingi Asisten I Setda Izro Maita Banyuasin, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Banyuasin HM Yusuf dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banyuasin Aminuddin melepas peserta Festival Tari Nusantara yang akan berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai tanggal 6-7 Oktober 2024.

Acara pelepasan ini dilaksanakan di Halaman Guest House Rumah Dinas Bupati Banyuasin Jumat (4/10/2024).

Dalam laporan Kadisdikbud Banyuasin Aminuddin menjelaskan pada momentum ini, Kabupaten Banyuasin mendapat kehormatan untuk menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, yang akan bergabung dengan 14 kontingen dari seluruh penjuru Nusantara, dari Sabang hingga Merauke.

“Adapun tari yang akan kita tampilkan nanti yakni Tari Jempi Merabun, merupakan cerminan dari budaya dan tradisi leluhur kita. Tarian ini menggambarkan kebiasaan masyarakat Banyuasin yang melakukan pengobatan tradisional dengan menggunakan jampi-jampi sesuai dengan adat orang Melayu,” bebernya.

Sementara itu, Pj Bupati Banyuasin, Muhammad Farid dalam arahannya mengatakan bahwa atas nama Pribadi dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin Dirinya merasa bangga dengan hadirnya dalam acara festival tersebut, dirinya menyebut bahwa kearifan lokal ini tidak hanya menunjukkan kekayaan budaya, tetapi juga mengingatkan akan pentingnya melestarikan dan mengenalkan budaya Banyuasin ke seluruh penjuru negeri.

“Untuk itu tampilkan yang terbaik tentu dengan semangat yang berlandaskan pada tagline kebudayaan kita, Authentic Banyuasin, saya mengajak seluruh kontingen untuk tampil dengan penuh percaya diri, semangat, dan kebanggaan. Ingatlah bahwa kalian tidak hanya mewakili Banyuasin, tetapi juga Sumatera Selatan,” katanya.

Untuk itu, lanjut dia, jadikan penampilan kalian sebagai wujud cinta dan penghormatan terhadap budaya lokal, bawa nama baik Banyuasin, di kancah nasional jaga kekompakan dan kebersamaan, manfaatkan momentum ini sebagai ajang silaturahmi dan untuk mengasah kemampuan, untuk kedepan yang lebih baik lagi.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemkab OKI menyalurkan bansos CSR tekan kemiskinan ekstrem

KPJP 90’an Gelar Yasinan di Gedung Kesenian, Kenang Rekan yang Telah Tiada