Palembang (ANTARA) – Manajemen PT PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB) menargetkan 5.000 pelanggan baru pada 2021.
“Target penambahan pelanggan baru tersebut merupakan program perluasan jangkauan pelayanan listrik kepada masyarakat dan pelaku usaha,” kata Manajer Perencanaan PT PLN Unit Induk Wilayah Sumsel, Jambi, dan Bengkulu (S2JB), Muhammad Syafdinnur di Palembang, Rabu.
Baca juga: Menteri BUMN Erick: “Smart grid” PLN jadi kunci subsidi tepat sasaran
Menurut dia, penambahan pelanggan baru tersebut sangat memungkinkan karena kondisi kelistrikan di wilayah S2JB memiliki kelebihan energi listrik yang cukup besar.
Sebagai gambaran pembangkit listrik di Sumatera Selatan memiliki kelebihan energi listrik sekitar 450 megawatt, sehingga dapat mendukung pengembangan berbagai kegiatan masyarakat, program listrik desa, serta meningkatkan pelayanan pelanggan industri dan bisnis di sejumlah provinsi terdekat.
Baca juga: PLN maksimalkan program listik desa di Sumsel-Jambi-Bengkulu
Melihat kesiapan pembangkit tersebut, masyarakat tidak perlu khawatir terjadi kekurangan energi listrik jika terjadi penambahan pelanggan baru, katanya.
Dia menjelaskan berdasarkan data enam unit pelayanan di tiga provinsi wilayah kerja PLN UIW S2JB hingga sekarang ini tercatat 3,5 juta lebih pelanggan.
Pelanggan yang terdata tersebut sebagian besar atau sekitar 90 persen merupakan pelanggan rumah tangga sedangkan sekitar 10 persen terbagi atas pelanggan sosial, bisnis, dan pelanggan industri, ujar Syafdinnur.
Baca juga: Pertamina-PLN bangun pusat riset energi