in

Politani Selamatkan Wajah PT Sumbar

SATU-SATUNYA DI SUMBAR: Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek Kiki Yuliarti menyerahkan penghargaan Anugerah
Merdeka Belajar kepada Direktur Politani Payakumbuh Jhon
Nefri di Yogyakarta, Senin (29/5). Politani Payakumbuh menjadi
satu-satunya perguruan tinggi di Sumbar yang mendapat penghargaan dari Kemendikbudristek.(IST)

Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Payakumbuh, menyelamatkan wajah pendidikan tinggi (PT) Sumbar. Dalam penilaian yang dilakukan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) terhadap capaian pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023, Politani Payakumbuh menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Politani Payakumbuh menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumbar yang meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar tahun 2023 dari Kemendikbudristek. Penghargaan ini diserahkan di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5), dalam acara yang dihadiri Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim.

Sekjen Kemendikbudristek Ir Suharti MA PhD menyebutkan, penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 diberikan pada perguruan tinggi dengan capaian pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, dan Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) terbaik. Serta apresiasi kepada Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS).

“Anugerah Merdeka Belajar diberikan kepada para pemangku kepentingan yang sudah berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Setiap penerima anugerah dan pemenang lomba telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat,” kata Ir Suharti MA PhD.

Suharti menambahkan, penghargaan Anugerah Merdeka Belajar 2023 yang diterima 57 perguruan tinggi negeri di Indonesia, termasuk Politani Payakumbuh yang satu-satunya dari Sumatera Barat, diberikan berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi, disertai dengan bukti implementasi Permendikbudristek 30/2021. Serta berdasarkan hasil verifikasi dari Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek.

Khusus Politani Payakumbuh meraih Anugerah Merdeka Belajar untuk kategori Perguruan Tinggi Vokasi Penyelenggara Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Terbaik di Program Dana Kompetitif (Competitive Fund). Dalam kategori ini, Politani Payakumbuh sejajar dengan Politeknik Negeri Bali dan Politani Pangkajene Kepulauan.

Direktur Politani Payakumbuh Ir Jhon Nefri yang dihubungi Padang Ekspres selepas menerima penghargaan dari Dirjen Vokasi Kemendikbud Ristek Dr Ir Kiki Yuliarti MSc, mengucapkan rasa syukur karena perguruan tinggi yang dipimpinnya, kembali meraih prestasi tingkat nasional. “Alhamdulillah,” kata Jhon Nefri.

Menurut Jhon Negeri, Anugerah Merdeka Belajar yang diraih Politani Payakumbuh, tidak lepas dari kerja bersama semua komponen yang ada di Politani Payakumbuh. “Kita bersyukur kembali berprestasi secara nasional. Dan terima kasih buat semua komponen di PPNP, yang ikut membangunkan demi kemajuan institusi,” ucap Jhon Nefri.

Disisi lain, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, menyampaikan rasa bangga pemerintah daerah terhadap segenap civitas akademika Politani Payakumbuh yang sudah “menyelamatkan” wajah Sumbar, dalam ajang bergengsi yang digelar Kemendikburistek di tingkat nasional.

Dari banyak perguruan tinggi yang melaksanakan program merdeka belajar-kampus merdeka, Politani Payakumbuh yang berkampus di Limapuluh Kota, bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

“Ini jelas sebuah prestasi yang membanggakan kita pemerintah daerah. Politani yang berkampus di Limapuluh Kota, menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumbar, yang meraih Anugerah Merdeka Belajar tahun 2023 dari Kemendikbudristek. Prestasi ini, mesti terus ditingkatkan,” kata Safaruddin Datuak Bandaro Rajo. (frv)

What do you think?

Written by Julliana Elora

The New SUV Mitsubishi Motors Hadir Agustus di Indonesia, MMKSI Buka Pre-Order

Balinale 2023 hadirkan 45 film dari 13 negara