in

Pranjali Awasthi, Gadis 16 Tahun Pendiri Startup AI Bernilai Rp180 Miliar

PADEK.JAWAPOS.COM-Seorang gadis India berusia 16 tahun bernama Pranjali Awasthi, membuat terobosan di dunia Artificial Inteligence (AI) dengan perusahaan startupnya, Delv.AI. Menurut Business Today, Pranjali Awasthi mendirikan Delv.AI tahun 2022.

Delv.AI kini sudah bernilai sekitar Rs100 crore atau USD12 juta (sekitar Rp180 miliar). Dia baru-baru ini mengesankan para peserta Miami Tech Week. Pada usia 16 tahun, Awasthi memiliki tim beranggotakan 10 orang yang bekerja di bawah arahannya.

Remaja yang tinggal di AS ini memuji ayahnya karena menginspirasi perjalanan kewirausahaan dan kecintaannya pada teknologi.

Awasthi berusia 7 tahun telah mulai membuat coding. Keluarganya pindah dari India ke Florida ketika dia berusia 11 tahun. Membuka peluang baru baginya, memberinya akses ke kelas ilmu komputer dan program matematika kompetitif.

Mendapat magang di laboratorium penelitian Universitas Internasional Florida memicu perjalanan kewirausahaan Awasthi.

Dia berusia 13 tahun ketika mulai magang – saat ChatGPT-3 beta baru saja dirilis.

Ide untuk Delv.AI muncul di benak Awasthi pada masa ini. Dia mulai memikirkan cara memanfaatkan AI untuk mengekstrak dan merangkum data dari dunia informasi online yang tiada habisnya.

Siswa sekolah menengah tersebut kemudian diterima dalam program akselerator startup AI di Miami, yang dipimpin oleh Lucy Guo dan Dave Fontenot dari Backend Capital, yang menandai tonggak sejarah lain dalam perjalanan hidupnya.

Dia merasakan kesuksesan luar biasa ketika Delv.AI miliknya diluncurkan di Product Hunt. Usianya saat itu 15 tahun.

Product Hunt sebuah platform bagi orang-orang untuk berbagi perangkat lunak secara gratis. Produk miliknya menjadi produk nomor tiga pada hari itu.

“Semakin banyak konten yang diunggah secara online, semakin sulit bagi orang-orang untuk menemukan informasi yang tepat, terutama ketika informasi tersebut sangat spesifik. Delv.AI membantu peneliti memanfaatkan AI untuk menemukan informasi yang mereka cari,” kata Pranjali Awasthi seperti dikutip Business Insider India.

Program akselerator juga membantu Awasthi mendapatkan investasi dari On Deck dan Village Global. Delv.AI mengumpulkan dana sebesar USD450.000 (sekitar Rs3,7 crore) dan saat ini bernilai Rs100 crore.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pupuk Indonesia Bangun Pabrik Rendah Energi dan Hemat Rp1,1 Triliun

Unand-NextGen: Re-branding Unand menjadi Universitas Berkelas Dunia