in

Prodi Politik Islam selenggarakan seminar Kerjasama Negara Islam di Tengah Pandemik

Palembang, BP

Program studi politik Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang kerjasama dengan Konsuler Kebudayaan Kedutaan Iran di Jakarta menyelenggarakan Webinar Nasional dengan Tema Peluang dan Tantangan Kerjasama Negara negara Islam ditengah Pandemik Global.

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Dr. Endang Rochmiatun, M.Hum dan Konsuler Kebudayaan Iran di Jakarta Mehrdad Rakhshande Ph.D.

Dalam sambutannya, baik dekan Dan Konsuler mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut kerjasama UIN Palembang dengan Kedutaan Iran dalam bidang ilmu pengetahuan.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof Syafiq A. Mughni Utusan Khusus Presiden Untuk Dialog Antaragama sekaligus Guru Besar Sejarah Fakultas Adab UIN Sunan Ampel Surabaya, Rektor UIN Raden Fatah Palembang periode 2008-2012 dan 2012-2016 Prof. Dr. Aflatun Muchtar, MA yg juga ketua MUI Propinsi Sumatera Selatan.

Sedangkan narasumber ketiga KH. Dr. Miqdad Turkaman Pengasuh Pesantren Darut Taqrib. Dalam paparannya, ketiga narasumber sepakat bahwa kerjasama dan persatuan Islam tidak hanya terbatas pada tataran teori, tetapi dapat diimplementasikan dengan baik oleh seluruh umat Islam secara global.

Persoalan selama ini yang terjadi di berbagai negara, baik di negara Islam minoritas maupun mayoritas lebih kepada persoalan ekonomi dan politik yang dibingkai dengan balutan agama. Selain itu, prof Aflatun juga menyinggung statement presiden Perancis yang dianggap telah melukai perasaan umat Islam karena macron telah menghina manusia tersuci dimuka bumi ini. Dengan adanya persoalan tersebut, umat diharapkan semakin bersatu dalam persatuan ukhuwah Islam dan mempromosikan Islam Rahmatan Lil alamin.#osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

DPT di Pilkada Serentak Sumsel  Capai 1,8 Juta Orang

Menteri Agama Terbitkan Keputusan tentang Pedoman Umrah di Masa Pandemi