in

PT CBB temukan kandungan gas di Sumsel

Muaradua, Sumsel (ANTARA Sumsel) – PT Cahaya Baturaja Blok kontraktor yang bekerja sama dengan pemerintah dalam kegiatan pengeboran minyak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan menemukan kandungan gas alam.

Berdasarkan data hasil tes uji sesmik untuk mengukur kandungan migas, kontraktor di bawah pengawasan SKK Migas Sumbangsel ini menemukan kandungan gas hingga 5,4 juta standar kaki kubik per hari pada zona eksplorasi, kata Eksplorastion Geo Genesis PT CBB Baturaja, Syah Rafiudin di Muaradua, Jumat.

Pihaknya berdasarkan prosfek dan lead di wilayah Air Komering Belok yang meliputi Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) sudah melakukan pengeboran sejak akhir 2014 di kawasan Desa Sumber Ringin.

“Dari pengeboran kami curigai ada kandungan minyak, namun ternyata yang ditemukan gas pada zona tiga diperkirakan mencapai 3,3 MMCFD dan di zona lima ditemukan kandungan gas 5,4 MMCFD,” katanya.

Menurut Syah Rafiudin, tahun 2001 sudah pernah dilakukan pengeboran pada sumur lama satu untuk mengetahui kandungan minyak, namun jejak kandungan minyak itu setelah di tes melalui uji siesmik tidak ditemukan.

“Malah kandungan gas yang kita dapati, besar kemungkinan minyak itu bergerak ke wilayah Selulu dan Desa Gemiung Kecamatan Buana Pemaca,” katanya.

Sementara, kata dia, saat ini sudah diketahui Kabupaten OKU Selatan kaya akan kandungan gas setidaknya dari data hasil yang sudah terukur sebesar itu.

Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Riki Yulisman mengatakan bahwa PT Cahaya Baturaja Blok (PT CBB) saat ini dalam proses eksplorasi yang kegiatannya meliputi study geologi, studi geofisika dengan metode siesmik untuk mengetahui potensi kandungan migas di wilayah Air Komering OKU Selatan belok meliputi Kecamatan Buay Pemaca, Buana Pemaca, Simpang dan Buay Rawan.

“Kami di sini sebagaimana diamanahkan bertugas melakukan pengawasan dan

pengendalian terhadap kontrak kerja seperti yang dilaksanakan oleh PT CBB menyangkut kegiatan usaha hulu migas meliputi eksplorasi dan eksploitasi,” katanya.

Sementara Bupati OKU Selatan, Popo Ali mengaku bangga karena di daerahnya bukan saja kaya tambang mineral logam dan non logam, ternyata juga didapati kandungan migas saat ini sedang dieksplorasi tiga perusahaan Kontraktor Migas.

“Kami bangga, ada banyak kandungan kekayaan alam di daerahnya, dan baru mengetahui karena selama ini sangat minim infromasi mengenai potensi migas tersebut,” kata bupati.

Potensi yang besar ini akan meberikan efek sangat besar bagi kelangsungan pembangunan di Kabupaten OKU Selatan, jika sudah dikelola secara maksimal.

Di samping itu, kata dia, Kabupaten OKU Selatan akan mendapatkan keuntungan mulai dari dana bagi hasil, lapangan pekerjaan hingga efeknya bagi kelangsungan prekonomian.

“Kami atas nama pemerintah setempat akan sangat mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan investor seperti eksplorasi, eksploitasi sampai produksi di wilayah OKU Selatan,” kata Bupati Popo Ali.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

What do you think?

Written by virgo

Pariwisata Sulut dan Banyuwangi Contoh Konkret CEO Commitment

Anggota Korpri Harus Terbiasa Berinovasi