in

Puluhan ribu warga OKU menderita penyakit tidak menular

Baturaja (ANTARA) – Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019  mencatat sebanyak puluhan ribu warga di daerah itu menderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung dan diabetes melitus.

“Sejak Januari 2019 hingga saat ini berdasarkan laporan dari Puskesmas yang ada di Ogan Komering Ulu (OKU) jumlah penderita Penyakit Tidak Menular (PTM) cukup banyak mencapai lebih dari 10 ribu orang,” kata Kasi PTM Dinas Kesehatan OKU, Hendri di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, dari laporan yang diterima pihaknya terdata sebanyak 7.608 kasus penderita penyakit PTM, seperti  hipertensi yang diderita masyarakat Kabupaten OKU sepanjang tahun ini.

“Dari laporan yang terdata di kami kasus penderita penyakit hipertensi terbanyak pada tahun ini yaitu mencapai 7.608 orang., penderita penyakit diabetes melitus atau kencing manis sebanyak 1.758 orang, obesitas 718 dan penyakit jantung 112 orang.

Penyakit tidak menular ini bisanya dipicu oleh pola makan yang tidak sehat dan terlalu banyak beban pikiran atau stres.

“Selain faktor usia, pola makan dan stres akibat banyak pikiran juga menjadi penyebab timbulnya penyakit tersebut,” kata dia.


Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga pola makan dan rutin melakukan olah raga guna menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit tidak menular tersebut.


“Penyakit-penyakit ini meskipun tidak menular namun berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian sehingga harus diantisipasi sejak dini,” ujarnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Rekonsiliasi pasca-sidang MK percepat stabilisasi gejolak sosial

Lulusan SMA Dengan Nilai Terbaik di Muba Dibiayai Kuliah di Arizona University