in

Rehafzan Yuliadi Putra, Siswa MIN Kota Payakumbuh: Lanjut ke Nasional!

BIKIN BANGGA:
Rehafzan Yuliadi Putra,
Siswa MIN Kota
Payakumbuh yang
Wakili Sumbar ke
Nasional (dua dari kiri,
berkacamata) berfoto
bersama Kepala
Kanwil Kemenag
Sumbar, Helmi dan guru pembina,
Muharamis.(ARFIDEL ILHAM/PADEK)

Selain Nabil Putra, selaku putra Payakumbuh yang mampu menorehkan prestasi sepak bola memperkuat Tim Nasional (Timnas), kini giliran santri Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Payakumbuh Rehafzan Yuliadi Putra yang berangkat mewakili Sumatera Barat ke tingkat Nasional. Seperti apakah?

Ini setelah siswa Kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Padangsikabu, Kecamatan Latina, Kota Payakumbuh, Rehafzan Yuliadi Putra, berhasil menjadi juara 1 tingkat Provinsi Sumatera Barat dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) bidang IPA terintegrasi tahun 2022, dan bakal mewakili Sumatera Barat dalam ajang yang sama ke tingkat Nasional di DKI Jakarta, pada 10-14 Oktober 2022 mendatang.

Anak yang biasa disapa dipanggil Rehafzan ini, benar-benar membanggakan sekolah, orangtua dan masyarakat Kota Payakumbuh. Betapa tidak, Rehafzan Anak pertama dari pasangan Yuliadi (petani jeruk) dan Yusni Halizah (ibu rumah tangga) ini memang dikenal sebagai siswa berprestasi di sekolahnya.

Sejak kelas 1 MIN sampai duduk dibangku kelas 6 saat ini, Rehafzan hanya dua kali memperoleh juara 2, selebihnya juara 1 dan juara umum. Selain hobi membaca, Rehafzan memang dikenal ramah dan memiliki disiplin yang tinggi.

Tidak hanya buku-buku mata pelajaran pokok yang diajarkan di sekolah yang selalu dibacanya, tetapi banyak buku-buku pelajaran lain yang dibelikan orangtuanya, tidak luput untuk dibaca dan pelajarinya.

“Bahagia sekali pak. Hobi membaca buku. Pernah diimpikan untuk bisa juara,” ucap Rehafzan ramah saat ditemui di sekolahnya di Padangsikabu, Latina, Kota Payakumbuh, Kamis (15/9).

Rehafzan mengaku, saat ini dirinya lebih banyak lagi belajar untuk menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat nasional. “Lebih banyak lagi membaca, belajar bersama guru pembimbing, pelatih dan pendamping ibu Muharamis serta guru dan pelatih lainnya,” ucapnya ramah.

Guru pembina sekaligus pelatihnya Muharamis, menyebut bahwa Rehafzan memang cerdas. Bahkan sudah berkali-kali meraih juara dalam berbagai ajang perlombaan. Bahkan pada Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia pada Juni lalu, berhasil merebut medali Perak tingkat Nasional yang diserahkan di Universitas Al Azhar.

“Anaknya pintar sekali, saat ini pelajaran-pelajaran tingkat SLTP sudah dikuasainya. Dan di sekolah dia selalu juara 1 dan juara umum. Berbagai perlombaan selalu dapat juara dan medali, baru-baru ini meraih medali perak dalam ajang Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia tingkat nasional,” kata Muharamis.

Muharamis juga menyebut, Rehafzan berhasil menjadi juara 1 dalam ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Payakumbuh pada 13-14 Agustus 2022 lalu. Dan mewakili Kota Payakumbuh untuk tingkat Provinsi pada 9, 10 dan 11 September 2022 lalu di MAN Gunungpangilun, Padang.

“Kemarin (Rabu, red) diumumkan pemenang oleh Kanwil Kemenag Sumbar, dan Rehafzan juara 1 tingkat Sumbar, dengan begitu otomatis mewakili Sumbar ke tingkat nasional pada 10-14 Oktober 2022 mendatang,” ucapnya.

Kepala Sekolah MIN Kota Payakumbuh, Yarisman yang akrab disapa Ucok ini mengaku, bersyukur dan bangga. Untuk pertama kalinya siswa MIN Kota Payakumbuh berhasil mewakili Sumatera Barat dalam ajang KSM tingkat Nasional.

“Alhamdulillah. Ini suatu anugerah yang luar biasa bagi keluarga besar MIN Kota Payakumbuh. Setiap tahun kita ikut KSM, tetapi ini yang baru jebol ke tingkat Nasional. Sebelumnya ada juara 2 dan 3 tingkat provinsi bidang MTK dan IPA,” ucapnya bangga.

Dirinya menyebut, sudah menyampaikan kabar baik ini kepada Kankemenag Kota Payakumbuh, H Joben dan Kanwil. Dirinya juga sudah merapatkan dengan tim KSM Payakumbuh.

“Kita juga sampaikan kepada kemenag, kanwil, dan terimakasih juga supor dari Komite sekolah. Dan pesan kita kepada anak kita tetap rendah hati, tidak boleh sombong, dan semangat terus untuk meningkatkan belajarnya, sehingga bisa tampil menjadi yang terbaik nantinya,” harap Ucok. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Majukan Ekraf, Forum Sumbar Kreatif Kerja Sama dengan Media Padang Ekspres

Kejari Bakal Buka Pelayanan Online Melalui Program “Halo JPN”