in

Rifqi Fitriadi bersiap untuk ATP Challenger Shenzhen

Jakarta (ANTARA) – Petenis putra Indonesia Muhammad Rifqi Fitriadi bersiap untuk mengikuti ATP Challenger di Shenzhen, China, yang akan berlangsung pada 22-28 April 2024.

Pria asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan, itu mengungkapkan akan bertolak ke Negeri Tirai Bambu pada pekan depan.

“Nanti saya rencananya pergi ke Shenzhen, China di tanggal 18 atau 19 April pertandingan di sana pertandingan Challenger,” kata Rifqi kepada ANTARA melalui panggilan telepon dari Jakarta, Selasa.

Rifqi rencananya akan turun di nomor tunggal, namun dia mengatakan tidak menutup kemungkinan untuk juga mengikuti kompetisi di sektor ganda, seperti yang ia lakukan dalam ATP Challenger Tour New Delhi, India.

Pada turnamen yang digelar akhir Februari tersebut, Rifqi “dipinang” oleh petenis Jepang Ryuki Matsuda untuk bermain di ganda.

Rifqi/Matsuda terhenti di perempat final saat berhadapan dengan Piotr Matuszewski/Matthew Christopher Romios, hasil yang cukup baik untuk apa yang disebut Rifqi kesempatan “tiba-tiba masuk” itu.

Baca juga: Rifqi Fitriadi rebut emas tenis tunggal putra SEA Games 2023

Sementara, di sektor tunggal, petenis berusia 25 tahun tersebut mencatatkan kesuksesan dengan berhasil lolos ke babak utama setelah memenangi dua pertandingan kualifikasi melawan dua petenis Eropa peringkat 300-an.

Rifqi, yang berada di pertingkat 500-an dunia, akhirnya tumbang di tangan petenis Italia berperingkat 271 Enrico Dalla Valle 4-6, 2-6 pada babak 32 besar.

Persiapan untuk mengikuti ATP Challenger Shenzen dilakukan Rifqi bahkan selama Ramadhan dengan mengubah porsi latihan.

“Kita ubah di jam latihannya, di Ramadhan kita itu mulai latihan dari jam enam pagi sampai jam setengah sembilan. Setelah itu, sorenya baru latihan lagi jam empat sore sampai buka puasa,” kata peraih emas tunggal putra SEA Games 2023 Kamboja itu.

“Kalau di pagi, sesi fitness semuanya. Enggak ada sesi cardio, enggak ada sesi agility, semuanya fitness. Tapi kalau sore itu tenis semuanya.”

“Puasanya Alhamdulillah lancar. Belum ada bolong Alhamdulillah,” ujar Rifqi yang telah mudik ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah bersama keluarga.

Baca juga: Rifqi Fitriadi raih gelar ITF pertama di Harum Energy World Tennis Tour

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Emir Mahira siapkan busana khusus untuk Lebaran 2024

Deretan bintang bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Kejuaraan Asia