in

RS Unand Gelar Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy & Abdominal USG

SIMPOSIUM: RS Unand menggelar Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy & Abdominal USG, Rabu (27/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan jelang Pembukaan
Kongres Nasional dan Pertemuan Ilmiah Nasional PPHI, PGI, PEGI di Kota Padang.(IST)

Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand) menggelar Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy & Abdominal USG, Rabu (27/9). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan jelang Pembukaan Kongres Nasional dan Pertemuan Ilmiah Nasional (Konas-PIN) PPHI, PGI, PEGI Padang yang digelar pada Kamis-Minggu, 28-30 September 2023 di Hotel Truntum Padang.

Konas dan PIN PPHI-PGI-PEGI adalah suatu pertemuan ilmiah nasional yang secara khusus membahas semua topik ilmiah terkini di bidang Gastroenterohepatologi. Direktur Utama RS Unand Yevri Zulfiqar mengatakan, Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy Abdominal USG mengatakan kegiatan ini diadakan sebagai bentuk sharing bersama pakar dari rumah sakit lain.

Yevri Zulfiqar menambahkan, kegiatan ini juga membuktikan bahwa RS Unand memiliki alat dan ahli yang berpengalaman dalam melakukan tindakan endoskopi, sehingga warga yang tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.“Kita memang menargetkan RS Unand menjadi Medical Tourism.
Ada dua hal yang kita maksud dalam Medical Tourism ini, pertama bagaimana orang dari

luar negeri berobat ke RS Unand, kedua bagaimana orang yang selama ini di Indonesia atau di Sumbar dapat dicegah sehingga berobat ke sini,” ujarnya.

“Nah di kita, target yang difokuskan itu yang kedua dulu. Jadi dengan kegiatan Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy Abdominal USG secara langsung maupun tidak langsung dapat memberitahukan kepada Allah bahwa di RS Unand sama dengan berobat ke luar negeri,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum PB PEGI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, SpPD, K-GEH, FACG, FACP, FINASIM, kegiatan Mini Simposium dan Live Demo Endoscopy Abdominal USG merupakan rangkaian kegiatan Pembukaan Kongres Nasional dan Pertemuan Ilmiah Nasional PPHI, PGI, PEGI Padang.

Ia menjelaskan, bidang ilmu Gastroenterohepatologi merupakan salah satu bidang ilmu kedokteran yang selalu berkembang pesat dari waktu ke waktu. Perkembangan ilmu bidang gastroenterohepatologi juga membuat para tenaga kesehatan termasuk dokter umum dan dokter spesialis di Indonesia selalu dapat memperbaharui pengetahuan dan keterampilannya.

Selain itu, peningkatan angka kesakitan dan angka kematian di bidang gastroenterohepatologi juga menjadi salah satu pencetus bagi para dokter umum, dokter spesialis dan subspesialis untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan tatalaksana yang komprehensif kepada pasien-pasiennya.

Ketua Umum PB PGI Prof. Dr. dr. Dadang Makmun, SpPD, K-GEH, FACG, FINASIM menambahkan, acara ilmiah dan workshop diselenggarakan dengan topik terbaru sesuai perkembangan dan kemajuan teknologi pada saat ini, yang mendatangkan pakar di bidang Gastroenterohepatologi antara lain Prof. Manu Tandan, MD, DM dari India, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, MMB, Sp.PD-KGEH, FACG, FACP, FINASIM, Prof. Dr. dr. Dadang Makmun, Sp.PD-KSEH, FACG, FINASIM, dan Dr. dr. Irsan Hasan, Sp.PD-KGEH, FINASIM.

Kegiatan ini berlangsung secara hybrid, sehingga diharapkan akan banyak peserta yang berminat mengikuti acara ini dengan cakupannya yang lebih luas, hingga saat ini saja sudah terdaftar peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ilmiah ini diharapkan mendapatkan respons positif dari mitra kerja perusahaan farmasi dan non-farmasi serta bagi sejawat dokter umum dan spesialis di Indonesia.

Ketua Umum PB PPHI Dr. dr. Irsan Hasan, SpPD, K-GEH, FINASIM mengungkapkan, kegiatan ini diharapkan menjadi ajang temu ilmiah yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan ilmu kedokteran khususnya di bidang gastroenterohepatologi yang melibatkan multidisiplin ilmu.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan ilmiah yang dilaksanakan secara annual setiap tahunnya. Diharapkan dengan rutinnya diselenggarakannya acara ini dan dapat diikuti secara hybrid dapat menerima respons positif dan partisipasi dari para dokter umum, dokter spesialis dan dokter subspesialis di Indonesia serta meningkatkan mitra kerja sama dengan perusahaan farmasi dan nonfarmasi. (y)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BM Hadiri HUT PKPS Bukittinggi, Bersedia Bedah Visi Misi Melalui Silaturahmi

Menikmati Pemandian Aia Angek Bukik Gadang, Sensasi Segar Mata Air Gunung Talang