in

RSUP Tumbuhkan Budaya Sadar Hadapi Bencana

Menyemarakkan peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2017, RSUP M Djamil Padang mengelar sejumlah perlombaan.

Mulai dari pembuatan video safety briefing (arahan untuk keselamatan), safety poster (poster tentang keselamatan), hingga lomba kesiapan regu bencana di setiap instalasi di RSUP tersebut. Kegiatan itu di mulai dari 6 sampai 15 Februari  mendatang. 

Direktur Bidang Medik dan Keperawatan RSUP Dr M Djamil, Rose Dinda Martini  menuturkan, hal utama yang ingin dicapai lewat kegiatan ini adalah menumbuhkan budaya sadar dalam menanggapi bencana.

“Ini sebagai bentuk peringatan K3 Nasional, apalagi kalau kita lirik sejarah, Sumbar, khususnya Padang, merupakan daerah rawan bencana,” katanya kepada Padang Ekspres, Senin (6/2).

Dikatakannya, setiap petugas rumah sakit akan diberikan kesadaran dalam memahami tupoksi kerja serta tindakan yang diambil bila terjadi bencana.

“Kami di RSUP Dr M Djamil akan terus menggiatkan simulasi-simulasi kebencanaan, dan tidak hanya terpaku pada seremonial K3  rumah sakit semata. Karena kita sadari Padang secara khusus merupakan kawasan rawan bencana,” ujarnya.

Dikatakannya, saat ini RSUP telah terakreditasi paripurna. Sesuai rencana, tahun ini akan mengajukan untuk meraih akreditasi internasional. “Perihal akreditasi internasional, mutu dan keselamatan adalah hal yang mutlak mesti terpenuhi. Apalagi bagi standar keselamatan bagi pasien,” bebernya.

Menurutnya, dengan digelarnya simulasi,  masyarakat tidak perlu khawatir ketika dirawat di RSUP Dr M Djamil. Secara teknis, pelaksanaan K3 RS sendiri diikuti seluruh instalasi rawat inap yang ada di RSUP Dr M Djamil. Saat ini ada 13 instalasi yang mendapat kesempatan berurutan menampilkan simulasi bencana hingga hari puncak kegiatan nantinya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Wacana Baru Mendikbud Tentang Biaya Akreditasi

Barcelona vs Atletico Madrid: Agar Mimpi tak Terhenti