in

Sah! TikTok Shop Dikelola Tokopedia, Buka saat Harbolnas 12 Desember

PADEK.JAWAPOS.COM-PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Senin (11/12/2023). Kemitraan ini akan menggabungkan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia. Tiktok berinvestasi lebih dari US$1,5 miliar untuk mendukung operasional Tokopedia.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia. TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia.

Dalam pernyataan di laman resminya, Senin (11/12/2023), TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar, sebagai komitmen jangka panjang untuk berinvestasi mendukung operasional Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia. 

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo akan memperluas manfaat bagi pengguna serta pelaku UMKM Indonesia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo.

TikTok akan tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Kemitraan strategis ini akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. 

Program yang akan diluncurkan di masa uji coba ini adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember, bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)  yang diinisiasi pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital melalui pemberdayaan UMKM lokal.

Kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan TikTok tersebut akan mempromosikan berbagai jenis merchant, dengan fokus utama pada produk asal Indonesia. Program Beli Lokal di aplikasi TikTok, akan memungkinkan para pengguna TikTok berbelanja dan berinteraksi dengan produk lokal favorit mereka.

Ke depannya, TikTok, Tokopedia, dan Grup GoTo berkomitmen memberikan manfaat lebih luas bagi para pelaku UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan platform e-commerce, dan mendorong penciptaan jutaan lapangan kerja baru dalam lima tahun mendatang.

Dengan penggabungan kedua bisnis tersebut, lebih dari 90% merchant merupakan pelaku UMKM. Para pelaku UMKM tersebut akan mendapatkan dukungan melalui berbagai program dari TikTok, Tokopedia dan Grup GoTo.(rel)

Manfaat Kemitraan Strategis Tokopedia dan TikTok:

  • Pengguna: Pengguna akan memiliki akses ke lebih banyak pilihan produk dan layanan, serta berbagai promosi dan diskon menarik.
  • Pelaku UMKM: Pelaku UMKM akan mendapatkan dukungan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mereka, serta memperluas pasar mereka.
  • GoTo: GoTo akan memperkuat posisinya sebagai pemimpin ekosistem digital Indonesia.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Real Madrid Lewat! Girona Puncaki Klasemen usai Bantai Barcelona

Hui PENTAGON akan segera debut solo pada Januari 2024