in

Samsung Tantang Apple dengan Chromebook Pro dan Plus

Samsung kembali melanjutkan kerjasama dengan Google setelah pertama kalinya memunculkan laptop premium Chromebook pada 2011 lalu. Tak tanggung-tanggung, Samsung merilis dua varian Chromebook sekaligus di ajang Consumer Eletronic Show di Las Vegas, Amerika Serikat.

Generasi terbaru Chromebook Pro dan Chromebook Plus mengusung konsep hybrid yang memudahkan mengubah mode dari laptop ke tablet. Bukan hanya itu, dukungan aplikasi untuk perangkat Android kini juga tersedia pada Chromebook. Dengan kata lain, semua aplikasi yang ada di PlayStore juga tersinkronisasi dengan laptop premium ini.

Alanna Cotton VP Samsung Eelectronic Amerika mengatakan dua Chromebook terbaru hadir untuk mendefinisikan kembali kategori laptop hybrid. “Chromebook Pro dan Chromebook Plus merupakan generasi terbaru laptop premium yang hadir bisa dengan mudah mengkonversi mode tablet atau laptop untuk mendukung produktivitas,” ucap Alanna di sela pengenalan duo Chromebook terbaru, dilansir dari CNN Indonesia.

Layaknya varian Chromebook terdahulu, kedua laptop terbaru ini juga dibekali sistem operasi Chrome dengan kemunculan semua layanan Google seperti Chrome, Drive dan layanan lainnya sudah otomatis terpasang. Namun begitu, sejumlah fitur hiburan dan media sosial bisa diunduh melalui browser Chrome. Sekilas keduanya tidak memiliki perbedaan, mulai dari penggunaan layar 12,3 inci, 2400×1600 piksel, hingga meori 32 GB dan RAM 4 GB.

Keduanya juga menggunakan material metal dan didukung port USB-C. Saat menggunakan mode tablet, sebuah digitizer pen membatu memudahkan membuat sketsa dan catatan. Perbedaan terbesar hanya terlihat pada penggunaan prosesor, versi Pro dibekali chip Intel Core M3 generasi keenam seri i. Sementara seri Plus menggunakan prosesor ARM, sama halnya dengan kebanyakan tablet dan ponsel Android.

Mengutip CNet, Chromebok Plus kabarnya akan dirilis pada Februari di AS dengan harga US$449 atau sekitar Rp6 jutaan. Sementara versi Pro akan dirilis sebulan kemudian dengan harga yang belum diketahui. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Tinggal dekat lalu lintas padat lebih berisiko terkena demensia

Perjuangan Amrizal Menjadi Petani Sukses Kelapa Sawit