in

SD Negeri 59 Payakumbuh, Kenalkan Media Video 360 Derajat ke Siswa

BELAJAR: Murid SDN 59 Payakumbuh memperlihatkan media video 360 Derajat.(IST)

Maju dan berkembangnya teknologi dapat dimanfaatkan oleh dunia pendidikan di Indonesia. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah penggunaan media yang lebih inovatif dan dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan bagi peserta didik.

Media akan sangat membantu pendidik dalam menjalankan metode atau model pembelajaran di dalam kelas. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran di kelas sangat dipengaruhi oleh media pembelajaran.

Seorang pendidik harus dapat mengembangkan keterampilannya untuk menemukan media baru atau mengembangkan media pembelajaran yang lama. Pengembangan tersebut bertujuan agar media yang ada menjadi lebih variatif, inovatif, dan tetap berguna.

Dalam proses pembelajaran sehari-hari, media yang paling sering digunakan oleh pendidik adalah media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang inovatif bagi peserta didik. Seperti media foto yang diunduh dari internet, film yang kurang sesuai dengan kondisi psikologis peserta didik, dan bacaan yang sudah digandakan berkali-kali.

Selain menggunakan media yang kurang menarik, sering kali pendidik justru tidak menggunakan media pembelajaran. Salah satu inovasi digital yang berkembang saat ini adalah video 360 derajat.

Teknologi ini sudah banyak digunakan dalam salah satu cara memvisualisasikan suatu kegiatan dengan tampilan yang dapat menampilkan keseluruhan sudut pandang yang ada di sekitar sehingga membuat pengalaman menonton video menjadi lebih menarik.

Video 360 derajat adalah rekaman video dimana tampilan disetiap arah direkam pada waktu yang sama, mengambil gambar menggunakan kamera omnidirectional atau kumpulan kamera. Cara kerja video 360 derajat adalah dengan menggeser layar pada gadget atau menggunakan alat bantu Virtual Reality (VR).

Video 360 derajat memiliki tampilan yang unik, di mana kita bisa melihat segala hal yang ada pada video tersebut secara keseluruhan layaknya menggunakan mata secara langsung. Sedangkan video biasa kita hanya bisa melihat tampilan di mana hanya bisa melihat salah satu bagian depan atau belakang saja tergantung si perekam.

Video 360 derajat ini berarti bahwa pelajar dapat menggerakkan kepala mereka untuk melihat dunia di sekitar mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kunjungan lapangan virtual, membawa siswa ke tempat-tempat yang jauh tanpa meninggalkan kelas.

Kelebihan menggunakan video 360 derajat yaitu dapat melihat view dengan bebas, meningkatkan pengalaman dan sebagai sarana hiburan di tengah kebosanan. Video 360 derajat membawa pembelajar pada situasi yang tidak bisa ditemui atau tidak bisa dijangkau.

Beberapa contoh video 360 derajat yang dapat digunakan sebagai media belajar yaitu, video bawah laut, dinosaurus, dan tata surya. Kombinasi video 360 derajat dengan pembelajaran dapat menciptakan suatu media yang dapat memperkenalkan kemajuan teknologi juga dan juga dapat menarik minat belajar peserta didik agar lebih mudah untuk dipelajari dan dipahami.

Melalui Video 360 derajat para siswa dapat merasakan pengalaman di dunia digital sesuai materi pembelajaran yang diberikan guru dan juga dapat membangkitkan rasa ingin tahu serta semangat belajar mereka dengan lingkungan sekitar.

Kemudian Video 360 derajat bisa di aplikasikan untuk mengedukasi dalam proses pembelajaran sehingga anak-anak mendapatkan sesuatu yang membangkitkan motivasi mereka. Bahkan untuk sekarang sudah bisa menjadi solusi bagi guru dan siswa sebagai media di dalam pembelajaran.

Dengan penerapan Video 360 derajat siswa tidak hanya terpaku pada visual yang ada di dalam buku atau sumber audio yang diputar di kelas. Tetapi siswa dapat juga belajar dengan menghasilkan Visual Tiga Dimensi yang memvisualisasikan benda secara nyata tanpa harus menghadirkan secara langsung.

Karena dengan timbulnya rasa ingin tahu yang tinggi akan meningkatkan semangat belajar yang tinggi pula dan bahkan dapat mendorong siswa untuk berfikir kritis dan kreatif. Hal ini dikarenakan belajar menggunakan Video 360 derajat menjadikan suasana belajar lebih menarik dan imajinatif sehingga memberikan suasana baru dan kesan modern dalam pembelajaran.

Guru akan lebih mudah dalam penyampaikan materi pembelajaran. Penerapan Video 360 derajat dalam pembelajaran akan menimbulkan suasana belajar yang seru dan menyenangkan.

Video 360 derajat memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan terutama dalam dunia pendidikan. Diharapkan Media ini menjadi salah satu Teknologi imersif terbaik dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan.(Nining Purwati, S.Pd, GURU SDN 59 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

SDS IT IPHI Payakumbuh, Ajang Kebersamaan Jelang Tamat Sekolah

Electrifying Agriculture PLN, Petani Tebu Matur Hemat Biaya Produksi 60 Persen