in

SDN 07 Pangkalan, Ciptakan Guru Profesional Melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM)

Yosi Sosiani, S.Pd.SD
(KEPALA SEKOLAH
UPTD SDN 07 PANGKALAN)

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan program penting yang sangat ditekankan oleh Kemendikbudristek yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sebagai upaya penguatan kompetensi guru.

Program ini diikuti secara mandiri oleh guru dan kepala sekolah dengan berbasis aplikasi digital di smartphone dan atau tersedia dalam bentuk laman di situs terkait. Dengan memberi keleluasaan kepada guru untuk mengakses pelatihan mandiri yang tersedia di PMM, kapan saja dan dimana saja melalui perangkat masing-masing.

Perlu kita pahami bahwa bagi guru yang mengikuti pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar, maka penting bagi guru untuk menuntaskannya hingga menyebarkan aksi nyata karena berpengaruh terhadap rapor pendidikan.

Pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar terdiri dari modul yang mencakup berbagai topik seperti kurikulum, strategi pembelajaran, manajemen kelas, asesmen dan membuat komunitas belajar (Kombel).

Pada setiap modul terdiri dari sekumpulan materi berisi video pembelajaran, latihan pemahanan, guru menceritakan refleksi hingga post test seterusnya melakukan aksi nyata.
Aksi Nyata merupakan aktifitas terakhir guru dalam menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar.

Aksi Nyata merupakan bentuk praktik pemahaman guru terhadap materi yang telah dipelajari dalam PMM. Melalui Aksi Nyata, kemampuan guru akan terlihat dalam mengimplementasikan teori yang telah dipelajari dalam pelatihan mandiri.

Melalui pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar, diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri demi terwujudnya pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik, dan guru dapat melakukan perubahan paradigma pembelajaran yang tidak lagi menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran.

Namun guru harus berkreasi dan berinovasi untuk membawa proses pembelajaran pada arah student center learning (berpusat pada peserta didik). Hal tersebut diharapkan mampu berdampak pada peningkatan ketercapaian hasil belajar peserta didik, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita tercinta ini.

Oleh sebab itu penuntasan pelatihan mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar akan meningkatkan kualitas pembelajaran, yang diharapkan pula akan meningkatnya ketersediaan guru yang berkualias di Indonesia.

Itulah cita-cita mulia yang sejatinya hendak dicapai dengan diluncurkannya Platform Merdeka Mengajar oleh Kemendikbudristek sebagai bagian dari kunci kesuksesan Implementasi Kurikulum Merdeka. Pentingnya kesadaran guru memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar.

Tantangan yang kini tengah dihadapi adalah membangun kesadaran guru akan pentingnya menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar sebagai cara jitu dan visioner untuk meningkatkan kompetensi guru, namun tidak semua guru memahami tentang manfaat yang luar biasa dari program tersebut.

Faktanya, banyak diantara guru yang sebatas menyelesaikan pelatihan mandiri tapi mengabaikan Aksi Nyata. Padahal tanpa Aksi Nyata maka sampai kapanpun guru tidak akan memperoleh sertifikat sebagai tanda keberhasilan telah menuntaskan topik yang ada di Platform Merdeka Mengajar.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya sosialisasi tentang Platform Merdeka Mengajar segera dilakukan di sekolah guna memotivasi guru-guru dalam memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar ini.

Sosialisasi bisa saja dilakukan melalui pertemuan atau rapat-rapat di sekolah. Langkah selanjutnya adalah guru menentukan rencana serta strategi penyelesaian pelatihan mandiri dan Aksi Nyata di PMM.

Terkait hal perencanaan ini perlu dibicarakan secara bersama-sama oleh segenap guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah, dari hasil musyawarah bersama ini bisa melahirkan jadwal kegiatan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar dalam kurun waktu yang wajar dan memadai.

Dengan cara demikian maka akan mendorong para guru untuk menuntaskan pelatihan mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar. Melalui ilmu dan wawasan yang diperoleh dari PMM, guru sudah semestinya mempraktikannya dalam proses pembelajaran.

Untuk mengapresiasi dan memotivasi kegiatan yang dilakukan oleh guru, maka Kepala Sekolah dan Pengawas tetap melakukan monitoring dan mengevaluasi proses penyelesaian pelatihan mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar guna memastikan bahwa guru telah menuntaskannya.

Pengawasan atau evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dan pengawas dapat membantu guru menemukan kendala atau masalah yang dihadapi dalam proses penyelesaian pelatihan mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar.

Sebagai bentuk penghargaan dan reward bagi guru yang menuntaskan pelatihan mandiri hingga Aksi Nyata di PMM adalah akan memperoleh sertifikat. Besarnya Manfaat Platform Merdeka Mengajar untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Apabila guru sudah mampu menerapkan konsep dan prinsip yang telah dipelajari di Platform Merdeka Mengajar yang mengimplementasikan dalam proses pembelajaran, maka itulah Aksi Nyata yang sebenarnya buah dari Pelatihan Mandiri tersebut.

Dengan demikian, guru akan mengalami peningkatan kualitas proses belajar mengajar, karena guru sudah memiliki kemampuan dalam mengajar secara efektif sesuai kebutuhan Merdeka Belajar bagi peserta didik. Bila kita kaji tampak jelas manfaat yang diperoleh guru bila sudah menuntaskan pelatihan mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar.

1. Upaya pengembangan kompetensi guru. Manfaat yang paling mendasar apabila sudah menuntaskan pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar adalah meningkatkan kompetensi guru. Pada hakikatnya, melalui Pelatihan Mandiri guru akan mempelajari dan memahami berbagai cara, metode, strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

PMM yang berbasis TIK akan mendorong guru untuk tidak gagap teknologi guna meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian serta antusias peserta didik.

2. Meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik. Tatkala Kompetensi guru telah mengalami peningkatan melalui pelatihan mandiri di Platform Merdeka Mengajar, maka guru di dalam menjalankan tupoksi tentu akan mengalami peningkatan kompetensi yang lebih baik dan mampu memberikan pembelajaran yang lebih baik pula.

3. Guna mewujudkan profesionalisme guru. Guru yang telah menuntaskan pelatihan mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar tentu akan memiliki tingkat profesionalisme yang lebih tinggi.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru akan mempelajari berbagai teknik dan strategi pembelajaran sehingga akan meningkatkan efektivitas kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru.

Platform Merdeka Mengajar akan membantu guru dalam mengembangkan kemampuan interpersonal sehingga dapat membangun hubungan yang baik dengan peserta didik, rekan sejawat, orang tua serta para stakeholder.

Bagi yang mampu menuntaskan Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar, itu berarti guru dapat bersikap professional dalam manajemen waktu antara mengajar dan mengikuti pelatihan secara mandiri.

Platform Merdeka Mengajar memberikan akses tanpa batas bagi guru untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan diri dan meningkatkan profesionalisme guru atau pendidik.

Alhasil, motivasi dan kesungguhan guru memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar akan meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan kemampuan adaptasi teknologi, mewujudkan profesionalisme guru, memperbaiki rapor pendidikan, serta menjadi bagian dari kemajuan pendidikan Indonesia. (Yosi Sosiani, S.Pd.SD, KEPALA SEKOLAH UPTD SDN 07 PANGKALAN)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dikeluhkan Warga, Jembatan Darurat Batu Sibulati Diperbaiki

Terjadi di Kota Padang. Setan Apa yang Merasukinya, Bapak Ini Setubuhi 2 Anak Kandung