in

SDN 28 Payakumbuh, Rabuberdiring Ciptakan Siswa Berakhlak Baik Pada Alam

BERSEMANGAT: Guru SDN 28 Payakumbuh menerangkan kepada murid terkait pentingnya memilah sampah.(TIM LAMAN GURU PAYAKUMBUH)

Ada yang istimewa setiap hari Rabu di SDN 28 Payakumbuh. Di mana, pada hari itu sekolah kami melaksanakan Rabuberdering atau yang lebih dikenal dengan Rabu Bersih Diri dan Lingkungan).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah, mulai peserta didik, ibu/ bapak guru. Peserta didik, majelis guru dan ibu kepala sekolah sangat gembira sekali karena dimana-mana mata memandang tidak ada sampah dan rerumputan.

Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman.

Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen.

Peserta didik bisa melakukan perihal mengolah sampah jika kita selaku kepala sekolah, guru memberikan contoh juga memperagakan bagaimana menangani sampah plastik, seperti dengan menggunting sampah plastik dan mengumpulkannya di botol plastik untuk dapat mengurangi penumpukan sampah dan dapat dijadikan prakarya.

Sekolah yang bebas sampah bila semua warga sekolah bersinergi dalam pengolahan ini. Para guru mau ikut serta melakukan pemilahan sampah, sehingga peserta didik tidak merasa jijik dengan sampah tetapi mereka bersahabat dengan sampah.

Untuk mengetahui apakah pengolahan sampah ini sudah terlaksana sebagai kepala sekolah perlu membuatkan SK Tim pengolahan sampah, SOP pengolahan sampah juga selebaran tentang pentingnya pengolahan sampah, yang sangat penting melakukan kunjungan ke setiap kelas terhadap penanggulangan dan pemanfaatan sampah di setiap kelas.

Alhamdulillah anak dan Ibu guru menciptakan berbagai kerajinan tangan untuk hiasan dinding dari sampah plastik. Jika pengolahan sampah ini dapat kita lakukan di sekolah, di rumah dan dimana saja maka kita akan merasakan manfaat dari sampah tersebut seperti yang saya kutip dari sebuah artikel Dinas Lingkungan Semarang ada 5 manfaat sampah.

Menghemat Energi.

Pengolahan sampah menjadi sebuah energi baru dapat menghemat energy yang dibutuhkan oleh manusia. Energi yang dimaksud tentunya sangat beragam mulai dari bahan bakar, pupuk kompos, dan masih banyak lagi.

Pemanfaatan sampah menjadi bahan bakar tentunya dapat menghemat energi lebih tinggi dari pada harus menggunakan batu bara sebagai energi utamanya.

Semua ini telah dirasakan oleh masyarakat yang hidup di Swedia dimana pemakaian bahan bakar lebih hemat 0.061 SEK/Kwh dibandingkan menggunakan batu bara.

Mengurangi polusi.

Pemakaian sumber daya alam yang berlebihan dapat mengakibatkan tingkat polusi semakin tinggi dan menyebabkan pemanasan global. Pengolahan lahan merupakan jalan yang terbaik untuk mengurangi polusi yang ada, sehingga bumi tetap aman dan terjauh dari global warming.

Memang dalam proses penguraiannya menjadi bahan siap pakai membutuhkan waktu yang cukup lama. Seperti contoh pembuatan pupuk dari bahan kimia memang mudah ditemukan dan hasilnya lebih menjamin bagi hasil panen para petani.

Berbeda dengan pupuk kompos yang terbuat dari pengolahan sampah organik yang cukup ribet, proses pembuatan yang cukup lama, dan kadang hasilnya kurang maksimal.

Selain itu pengurangan polusi juga dapat terjadi terhadap air yaitu dengan memanfaatkan air limbah menjadi bahan bakar, energi listrik, dan digunakan pula untuk pengairan pertanian.

Dan dalam mengurangi polusi udara pengolahan sampah yang benar dapat membuat bahan nitrogen sehingga dapat dihirup oleh semua makhluk secara bebas.

Menghemat SDA

Manfaat pengolahan sampah dengan baik dapat pula menghemat sumber daya alam yang ada. Sehingga bahan alam dapat terawat dengan baik.

Seperti penggunaan tissue yang terbuat dari serat pohon yang membuat hutan menjadi rusak yang kemudian berpengaruh terhadap ekosistem yang ada didalamnya.

Seperti contoh satu pohon dapat menghasilkan dua pack tissue, sedangkan satu pohon saja dapat menghasilkan oksigen menghidupi tiga orang makan.

Hal ini membuat kita sadar bahwa tissue yang kita gunakan telah mengurangi kadar okigen di bumi. Sebenarnya penggunaan tissue dapat diganti dengan kain serbet. Sehingga ketersediaan sumber daya alam tetap stabil.

Ekonomis

Dengan modal kreativitas dan ketekunan, sampah akan menjadi berharga. Sehingga selain menghasilkan barang yang menarik tetapi juga pengeluaran biaya yang lebih sedikit.

Hal inilah yang akan dirasakan ketika dapat memanfaatkan sampah sebagai bahan untuk menghasilkan barang dengan nila jual tinggi. Seperti yang dilansir dari liputan6.com seorang wanita asal Solo mendapat kesempatan keliling Eropa hanya bermodalkan sampah non organik menjadi fashion yang mengagumkan.

Menghemat Uang

Kebutuhan akan suatu barang membuat manusia harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Namun bagi mereka yang tahu manfaat pengolahan sampah dengan baik dan benar dapat menghemat biaya pengeluaran. Demikian lima manfaat pengolahan sampah dengan baik yang dapat memberikan bermacam manfaat yang tidak terduga.

Pengolahan sampah dengan baik menjadi sebuah produk merupakan cara yang tepat untuk menyelamatkan bumi dari ancaman kerusakan Mari sayangi Alam dengan mengolah sampah menjadi bermanfaat di mulai dari rumah dan sekolah.(Wisma Diandra, M.Pd, GURU SDN 28 PAYAKUMBUH)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kampanye di Agam, Andre Rosiade Ajak Pilih yang Menang, Insya Allah Prabowo-Gibran

Pegula tersingkir saat Ruud berhasil lalui rintangan Australian Open