in

Selama Libur Lebaran, Trafik Data XL Axiata Naik 37 Persen

PROHABA.CO – Selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat adanya peningkatan trafik layanan data sebesar lebih dari 37 persen dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan sekitar 17 persen dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadan.

Data ini diperoleh dari Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta.

Peningkatan ini disebabkan oleh antusiasme masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik dan berlibur seperti tahun-tahun sebelum pandemi.

I Gede Darmayusa, Direktur dan Chief Technology Officer XL Axiata mengatakan, XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa libur lebaran yang penuh kegembiraan ini.

“Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari untuk menyediakan layanan terbaik di libur Lebaran ini. Pada masa liburan kali ini, terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis. Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan.” ujarnya.

Gede menambahkan bahwa pola penggunaan layanan data yang beragam oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran dapat mencerminkan semakin optimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.

Baca juga: Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Sumatera Utara

Selama periode Libur Lebaran, jenis layanan yang paling banyak digunakan adalah akses file (seperti Whatsapp, Facebook, dan Instagram File Access) yang mencapai 36 persen , kemudian diikuti oleh Instant Messaging sebesar 33 persen , Games sebesar 11 persen , dan Streaming sebesar 10 persen .

Layanan lainnya mencapai 9 persen . Peningkatan juga terjadi pada layanan streaming video, seperti Netflix yang mencapai 36 persen , Disney Hotstar sebesar 22 persen , TikTok 12 persen , dan YouTube naik 5 persen .

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 43 persen . Sementara itu, pada layanan Social Network, trafik Instagram meningkat 55 persen , Twitter 15 persen dan Meta (Facebook) 4 persen. Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Apple Map, Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 9-75 persen dibanding hari normal.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan selama libur Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di Jawa Tengah dengan kenaikan sebesar 27 persen, Jawa Barat 19 persen, dan Jawa Timur 17 persen.

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah Sumatera Utara secara rata-rata naik sebesar 12 persen, Sumatera Selatan 15 persen, Kalimantan 10 persen, Sulawesi 6 persen, Bali-NTB-NTT 10 persen.

Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional, tiga kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah naik sebesar 62 persen, Kabupaten Pandeglang Jawa Barat 49 persen, dan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah 48 persen.

“Untuk trafik layanan di Jabodetabek, trafik layanan selama libur lebaran terlihat turun sebesar 6 persen dibanding hari biasa. Data-data trafik di Jabodetabek tersebut juga sesuai dengan data perpindahan pelanggan selama periode libur Lebaran. Data monitoring XL Axiata mencatat tingkat perpindahan pelanggan dari wilayah Jabodetabek ke propinsi lain, yaitu sekitar 35 persen,” ujar Gede

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa libur Lebaran tahun ini, XL Axiata sebelumnya telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal.

Prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. XL Axiata mengerahkan 160 unit mobile BTS untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

BEREH, Seorang Pria Umroh Naik Sepeda ke Mekkah

Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri