in

Selamat Datang Raja Salman

Pengamanan Ekstraketat sejak dari Bandara

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud siang ini akan mendarat di Jakarta. Meskipun secara personal kunjungannya tampak menghebohkan, pemerintah memastikan penyambutannya tidak berlebihan. Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk menyambut raja berusia 81 tahun itu sejak dari bandara.

Sejak kemarin, sejumlah anggota rombongan raja sudah mendarat di bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Siang ini, Raja Salman dijadwalkan tiba menggunakan pesawat Saudi Airlines. Untuk keperluan tersebut, bandara akan ditutup selama satu jam demi memuluskan protokoler ketibaan raja.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengertian para penumpang di bandara Halim terkait kemungkinan terganggunya jadwal penerbangan. “Lebih sabar saja, karena yang complicated itu saat rajanya mendarat,” terangnya. Raja Salman dijadwalkan mendarat pukul 12.30.

Expected delay tersebut telah diumumkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Notice to airmen (notam) Nomor A0687/17. Seluruh penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta diperkirakan mengalami keterlambatan selama dua jam hari ini, antara pukul 12.00-14.00.

Sebanyak tujuh pesawat wide dan narrow body akan dikerahkan untuk membawa rombongan Raja Salman beserta barang-barang logistiknya.

“Karena adanya kegiatan VIP, maka Semua departure dan arrival expected delay,” ujar Plt Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Barata di Jakarta, kemarin (28/2). Notam tersebut telah dikirimkan pada seluruh pilot dan maskapai penerbangan. Sehingga, dapat disampaikan pada calon penumpang.

Atas kondisi ini, Plh Direktur Operasional Citilink Indonesia Capt Arry Kalzaman mengungkapkan, pihaknya juga akan menyesuaikan sejumlah penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Penyesuaian jadwal penerbangan tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 1-3 jam dari jadwal yang telah ditetapkan.

”Oleh karena itu, diharapkan para calon penumpang yang sudah memiliki tiket untuk menyesuaikan rencana penerbangannya sesuai informasi yang akan disampaikan melalui call center,” ujarnya.

Sementara, untuk jalur ke Bogor, rombongan akan dilewatkan tol Jagorawi. Rencananya, gerbang tol Bogor akan ditutup selama satu jam, sejak pukul 12.30-13.30. para pengguna tol yang hendak keluar lewat gate tersebut disarankan untuk menggunakan akses lainnya. Bisa di Sentul Selatan maupun Ciawi.

Meskipun Raja Salman baru tiba hari ini, sebagian rombongan Saudi sudah tiba sejak kemarin (28/2). Kedatangan rombongan kerajaan Saudi diawali dengan pendaratan pesawat Boeing 773 dengan nomor penerbangan SV471 pada Selasa (28/1), pukul 09.00.

Rombongan datang langsung dari Riyadh dengan membawa 10 penumpang dan 18 crew. “Tidak ada kargo. Dan itu hanya kru, bukan delegasi,” ujar Corporate communication PT Jasa Angkasa Semesta Martha Lory. 

Para delegasi dibawa dengan dua penerbangan selanjutnya kemarin sore dan tengah malam. Mereka bertolak langsung dari Malaysia. Rombongan kedua diketahui baru mendarat sekitar pukul 18.00. Belum diketahui berapa jumlah rombongan dan apakah di dalamnya termasuk para pangeran kerajaan Saudi.

“Pakainya pesawat jenis sama. Tapi jumlahnya belum tahu. Hanya saja memang lebih banyak,” ungkapnya. 

Rombongan dengan menggunakan sorban putih diketahui naik ke tiga mobil Mercedes Benz yang telah terparkir. Diperkirakan, mereka menuju ke hotel di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Sementara itu, tidak kurang dari 7.054 personel disiapkan untuk mengamankan Raja Salman dan romboongan. Panglima Kogabpam (Pangkogabpam) VVIP Letjen TNI Edy Rahmayadi menjelaskan, seluruh personel gabungan sudah bergerak sejak kemarin (28/2). 

”Hari ini (kemarin) sudah di tempat,” ucap Edy usai memimpin Gelar Pasukan Kogabpam VVIP di Mabes TNI. Sejumlah lokasi seperti Bandara Internasional

Halim Perdanakusuma, Istana Bogor, dan hotel tempat menginap raja bersama rombongan sudah dijaga ketat. “Anda macam-macam ditangkap,” kata dia tegas.

Edy mengungkapkan, komando yang dia pimpin menyusun tiga lapis pengamanan. Yakni ring satu, dua, dan tiga. ”Ring satu melekat kepada tamu VVIP,” ujar periwira tinggi TNI yang mejabat sebagai panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) tersebut. 

Sementara itu, personel gabungan di ring dua bertugas mengamankan setiap gerakan dari dalam ke luar maupun sebaliknya. Khusus ring tiga, petugas gabungan menjaga bagian terluar.

Mereka mengidentifikasi setiap orang yang hendak masuk ke wilayah pengamanan di ring dua. Edy memastikan, tidak sembarang orang bisa tembus wilayah pengamanan tersebut. “Nggak bisa masuk kecuali orang-orang tertentu,” jelas dia.

Berkaitan dengan jumlah personel gabungan di setiap wilayah pengamanan, Edy enggan buka suara. “Rinciannya tidak perlu saya sampaikan,” ujarnya. Yang pasti, jumlahnya 7.054 personel gabungan.

Terbagi atas Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) Wilayah I sebanyak 1.289 personel, Satgaspam II (515), Satgaspam III (3.308), Satgaspam VVIP (222), Koopspam (20), serta 1.700 personel polri dan intelejen.

Secara umum, komando gabungan yang dia pimpin bertugas mengamankan Raja Salman dan rombongan sejak tiba di Bandara. Kemudian ketika bertolak ke tempat menginap, kunjungan ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Masjid Istiqlal dan tempat liburan di Bali.

“Saya punya tugas mengamankan itu (setiap pergerakan Raja Salman),” ungkap dia.

Kehadiran Raja Salman dengan rombongan besarnya juga dipastikan akan membuat Polri melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Kadivhumas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar menuturkan, rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan salah satunya adalah penutupan jalan. Namun, sifatnya penutupan jalan ini hanya sementara. 

“Jalan yang dilalui rombongan tersebut akan ditutup hingga rombongan lewat,” ungkapnya.

Untuk rutenya, lanjutnya, demi keamanan tidak bisa disebutkan oleh Polri. yang pasti, rombongan Raja Salman akan menuju ke sejumlah tempat, Bogor, Istana Presiden dan Gedung DPR. “Untuk rute-rutenya tidak diumumkan ya,” paparnya.

Yang juga penting, untuk bisa menghindari terjadinya kemacetan, masyarakat lebih baik memilihi rute yang tidak melewati lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Raja Salman. Bila, Raja Salman mengunjungi Istana, tentunya diharapkan masyarakat atau pengguna jalan menghindari jalan di sekitar istana.

“Silakan mencari rute lainnya,” ungkapnya. Namun, bila ternyata nanti tetap terjadi kemacetan, semua diharapkan memahami dan bersabar. Sebab, kunjungan ini memang manfaatnya juga besar. “Petugas tetap akan berupaya untuk mengurai kemacetan secara cepat bila terjadi,” paparnya.

Kunjungan Raja Salman turut membawa berkah bagi sejumlah jasa persewaan mobil mewah di Jakarta. Queen Rental, salah satunya. Sejak sebulan lalu, 10 mobil Alphard dan 1 sedan Mercy milik rental tersebut di-booking untuk mengakomodir rombongan Raja Salman.

“Di rental lain juga sudah banyak yang di-booking,” ujar pemilik Queen Rental Dimas Arif Wibowo kepada koran ini.

Pengusaha mobil mewah di Ciputat, Tangerang Selatan itu mengatakan, mayoritas kendaraan high class yang dicari adalah keluaran baru, 2014 ke atas. Menurutnya, vendor yang meng-handle transportasi Raja Salman membutuhkan ratusan mobil mewah.

“Beberapa minggu terakhir (di kalangan pengusaha rental mobil mewah) sudah ramai soal itu (kedatangan Raja Salman, red),” ungkapnya.

Meski disewa Raja Arab Saudi, Dimas mengaku tidak mematok harga tinggi untuk tarif sewa mobil. Biaya sewa Alphard, misalnya, tetap dipatok seperti hari biasa.

Yakni, Rp 2,2 juta sehari. Sedangkan Mercy Rp 3,5 juta sehari. Tarif itu sudah termasuk upah driver. “Ada beberapa yang lepas kunci (tanpa sopir), tergantung kebijakan pemilik rental,” ungkapnya.

Menurut Dimas, penyewa mobil mewah miliknya bukan langsung dari otoritas Arab Saudi. Melainkan dari pihak pemerintah, sejenis vendor. Vendor tersebut yang menghubungi pengusaha-pengusaha rental mobil mewah.

“Jadi bukan hanya mobil saya saja yang disewa, ada teman-teman (pengusaha rental) lain juga (yang mendapat order Raja Salman),” imbuhnya.

Mobil-mobil mewah dari jasa persewaan sejak kemarin diparkir di halaman Gelora Bung Karno, Senayan. Total, ada 200 mobil jenis Alphard dan Mercy yang siap menjemput rombongan jumbo tamu dari jazirah Arab tersebut.

Satu per satu kendaraan yang diberi tanda nomor di kaca depan itu dicek oleh petugas. “Ada sebagian (mobil mewah) yang belum datang,” ujar Agus, salah seorang driver.

Agus mengatakan, tidak ada ketentuan khusus bagi pengemudi mobil mewah yang terlibat dalam kunjungan besar Raja Salman. Panitia, kata dia, hanya meminta para driver mengenakan pakaian batik rapi dan berperilaku sopan. Mereka pun tidak diwajibkan mahir berbahasa Arab.

“Ketentuannya ya bisa nyopir saja. Nggak usah (pintar) bahasa Arab,” ujar pria asal Tangerang Selatan ini. 

Agenda kunjungan Raja Salman ke DPR juga akan mendapatkan pengamanan ketat. Pengamanan Dalam (Pamdal) DPR akan menerapkan standar pengamanan maksimal atas kehadiran Raja Salman. Sejumlah skenario juga telah disiapkan.

“Untuk pengamanan internal 450 personel, ditambah dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya masing-masing 500 personel,” kata Komandan Pasukan Pamdal DPR, AKBP Herry Ardyanto.

Herry menjelaskan, layaknya pengamanan kedatangan Presiden, ada tiga bagian yang menjaga kedatangan Raja Salman beserta rombongan. Ring satu berada di Gedung Nusantara, ring dua di halaman gedung parlemen dan ring tiga di sekitar kompleks parlemen.

“Pengamanan kami sesuai protap. Karena ini tamu negara yang selevel dengan presiden, diberlakukan protap kita di bawah kendali Paspampres (Pasukan pengamanan Presiden),” jelasnya.

Peningkatan penjagaan kompleks parlemen akan dimulai sejak hari ini. Puncak pengamanan akan dilakukan pada hari H atau esok hari. “Tanggal 1 itu pra steril. Nanti tanggal 2 pagi udah steril. Alat-alat sudah kepasang, tidak boleh ada yang masuk,” jelasnya. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Hakim Tolak Barang Bukti Rizieq

Satu Dekade Padang TV Mewarnai Sumbar