in

Selamat Jalan, Jupe

Kabar duka kembali menyelimuti hiburan tanah air. Setelah Yana Zein berpulang Kamis (1/6) pekan lalu, kemarin siang (10/6) pedangdut Yuli Rahmawati atau yang lebih dikenal dengan Julia Perez menyusul rekannya. Dia mengakhiri perjuangannya untuk sembuh dari penyakit kanker serviks yang dialaminya.

Jupe sendiri sudah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) sejak Februari tahun ini. Selama perawatan, sudah banyak tindakan yang dilakukan Julia Perez. Semua perawatan dilakukan di ruang rawat inap VIP Jupe yang berada di Gedung A RSCM. Dia tidak pernah masuk ke ruang ICU.

Tindakan terakhir yang dilakukan untuk penyembuhan kanker serviks pada Julia Perez adalah operasi usus. Tindakan itu dilakukan pada Kamis (8/6). Satu hari sebelum operasi itu dilakukan, Rabu (7/6) beredar pengumuman yang dibuat Ruben Onsu melalui instagram-nya yang menyatakan Jupe butuh darah A+.

Tindakan terakhir yang dilakukan untuk Jupe sendiri adalah operasi besar pada bagian ususnya. “Operasi adanya pelengketan di pencernaan karena radiasi,” ujar adik Julia Perez, Nia Anggia, saat dihubungi Kamis (8/6). 

Di hari yang sama, Anggi juga mengunggah video melalui akun instagram pribadinya @anggitheperez. Video tersebut tentang kamar rawat Jupe yang ditinggalinya selama ini, 115.

Dalam video yang sama, Anggi memperlihatkan barang-barang Jupe telah dikemas dan dikosongkan. Sebab, mereka harus pindah ke ICU. “Semoga kepindahannya ke ICU tidak terlalu lama,” tulis Anggi.

Pasca-operasi, Jupe pertama kalinya masuk ruang ICU RSCM. Saat ditemui malam harinya, ibu Julia Perez, Sri Wulansih mengungkapkan operasi yang dijalani anaknya berhasil. “Dia enggak BAB selama satu minggu, perutnya membesar, jadi dibikin saluran pembuangan sendiri,” jelas Sri tentang operasi putri sulungnya (8/6).

Masuknya Jupe ke ruang ICU, hal itu permintaan dari dokter. Alasannya sendiri menurut Sri karena operasi yang dilakukan Jupe adalah operasi besar. “Dari kemarin Jupe ingin pulang,” kata Sri saat itu. 

Hanya sebentar Jupe berada di ruang ICU setelah operasi. Setelah menginap satu malam, di ruang ICU Jupe kembali lagi ke ruang perawatannya selama ini. Di situlah penyanyi Belah Duren itu menghembuskan nafas terakhir. 

Salah satu managernya, Mario mengatakan dia dikabari Jupe tidak bisa bangun saat akan membeli kado untuk anak Ruben Onsu, Thalia Putri Onsu yang kemarin berulang tahun.

“Saya sudah di jalan tiba-tiba mamanya (Jupe) telepon, Jupe enggak bisa bangun, ya sudah saya langsung ke rumah sakit, kebetulan dokter lagi kasih alat pemacu,” kata Mario.

Pria yang akrab disapa Markoneng itu mengatakan Jupe menghembuskan nafas terakhir pada 11.12. “Saya shock banget. Soalnya saya baru denger kabar semalem dia meninggal (kabar burung), makanya saya kaget banget sekarang,” kata Markoneng dengan mata sembabnya. 

Tidur selamanya dalam keadaan tidur, pihak keluarga dan sahabat terdekat membantah kepergian Jupe karena operasi. Ayah tiri Jupe, Sammy mengungkapkan setelah operasi besar biasanya pasien akan berada di ICU selama tiga sampai empat hari. 

Namun hal tersebut tidak terjadi pada putrinya. Sebab, mantan istri Gaston Castano itu langsung kembali ke ruang rawat setelah satu malam menginap di ICU.

Setelah kembali ke kamarnya, Jupe pun masih dapat berbincang dengan orang-orang yang menemaninya. “Dia sadar, inget sama orang dan ngobrol. Walaupun saat ngobrol dia masih sedikit fly efek obat bius,” ujar Sammy usai pemakaman anaknya. 

Kepulangannya ke pencipta menjadi duka mendalam bagi siapa saja yang pernah merasakan kebaikan Jupe. “Yang pasti doa kami Jupe berada di surganya Allah,” ujar ayah tiri Jupe, Sammy yang selalu menunggu Jupe selama sakit. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Ke Festival Bakar Tongkang? Jangan Lewatkan Destinasi dan Kuliner Ini

QS: Ali Imran ayat 10