in

Sesuai Arahan Presiden, Wako Genius Fokus Kegiatan Pengendalian Inflasi

Wali Kota Pariaman Genius Umar diundang untuk mendengarkan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo di Ruang Cedrawasih Jakarta Convention Center, Kompleks Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis siang (29/9/2022).

Dalam arahannya, presiden mengingatkan bahwa dunia sekarang dalam kondisi sulit. “Ekonomi dunia sedang tidak menentu, mulai dari krisis pangan dunia, krisis energi, penyesuaian harga BBM, krisis finansial serta Inflasi yang menjadi momok dan tugas berat di setiap negara dan daerah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, dia mengajak semuanya agar kompak dan bersatu, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota, sampai ke bawah, termasuk kementrian. Contohnya, seperti ketika mengurus Covid-19. “Kalau kita kompak semuanya, maka kita akan bisa melewati krisis ini. Kalau di luar negeri, masalah inflasi ini hanya diurus oleh satu institusi, yaitu Bank centralnya,” tegasnya.

Menanggapi arahan Presiden tersebut, Genius Umar mengatakan, kota yang dipimpinnya sedang gencar-gencarnya melakukan pengendalian inflasi melalui kegiatan bazar pangan murah yang kita gelar di halaman Balaikota Pariaman setiap hari Jumat. “Di sini harga pangan yang dijual lebih murah dari harga pasar sehingga selalu diserbu oleh masyarakat,” tukasnya.

Penyaluran bansos juga sudah dilakukannya untuk pengendalian inflasi dan mengurangi kemiskinan ekstrem, seperti yang diarahkan oleh Presiden Jokowi.

“Kita juga telah menyalurkan berbagai bansos BLT BBM kepada 3.855 KPM. Selain itu juga sudah berjalan perbaikan rumah tidak layak huni, bantuan sembako, perbaikan lingkungan yang bersih, penyediaan air bersih, dan hal lainya, kita garap bersama lintas sektoral dengan baik,” tuturnya.

Selanjutnya, Presiden juga memberi arahan untuk menggunakan produk buatan Indonesia. Mulai dari produk yang berasal dari UMKM. “Kota Pariaman selalu menggunakan produk-produk lokal dalam setiap kegiatan menggunakan keuangan APBD maupun APBN,” ungkapnya.

Untuk wisata, Presiden juga mengingatkan agar mengajak keluarga dan masyarakat berwisata di dalam negeri saja sehingga devisa tidak dibawa keluar negeri.

Untuk urusan wisata ini, Genius menanggapi bahwa Kota Pariaman memiliki komitmen yang kuat mengembangkan wisata lokal. Bahkan, berbagai aktivitas untuk wisata keluarga banyak tersedia di Pariaman.

“Dengan adanya arahan ini, berarti ini menjadi peluang bagi Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata, dan daerah wisata seperti kita saat ini, yang menjelma menjadi destinasi wisata unggulan, dan termasuk dalam 5 Terbaik Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) tingkat Sumatera Barat tahun 2022, tentunya hal ini akan menguntungkan bagi Kota Pariaman,” jelasnya.(rel/nia)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pemred Suara.Com: Disrupsi Media, Hadapi Konten Kreator dan Influencer

Ngopi BUMN: Kementerian BUMN dan 3 BUMN Jawab Peran PMN untuk Negeri