in

Siapa Bisa Tandingi “1917”

Piala Oscars ke-92 akan digelar Senin (10/2) dini hari (WIB) atau Minggu (9/2) malam waktu setempat. Perhelatan akbar ini akan dilaksanakan di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Acara tersebut dihelat Academy of Motion Picture Arts and Sciences.  

Para analis telah menyampaikan prediksi mereka yang akan menang dalam ajang penghargaan film terbaik 2019 tersebut. Akan ada 24 kategori. Menurut Televisi ABC yang memegang hak siar, acara tidak menggunakan seorang host. Hal ini mengikuti sukses penghargaan Oscars ke-91 tahun lalu yang juga tanpa seorang host.  

Lalu film apa yang bakal menjadi terbaik? Yang masuk nominasi adalah Ford v Ferrari, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917,Once Upon a Time…in Hollywood, dan Parasite.

Dari nominasi tersebut, banyak pengamat film menjagokan 1917 yang cukup sulit ditandingi film lain. Film yang menceritakan Perang Dunia I menggambarkan dua tentara Inggris yang dikirim ke misi berbahaya untuk menghentikan serangan oleh Divisi ke-7 Inggris yang akan mengakibatkan pembantaian oleh Jerman.

Tugas mereka urgensi, karena salah satu saudara prajurit muda itu berperang di Divisi tersebut.  Dalam ajang penghargaan BAFTA (Inggris) malahan, 1917 menyabet tujuh kemenangan, termasuk Film dan Sutradara Terbaik. Jadi, rasanya, sulit pesaing menggulingkannya dari Oscars. Yang menempel ketat adalah Joker dan film Korea Parasite.   

Film 1917 yang disutradarai Sam Mendes telah meraih penghargaan tertinggi Film Terbaik dan Sutradara Terbaik dalam Golden Globes 2020. Kemenangan dalam ajang Golden Globes menjadi semacam “pengunci” untuk meraih Oscar yang sulit ditandingi pesaing lain.       

Sedang Parasite bisa saja menjadi kuda hitam. Film thriller Korea Selatan itu akan menjadi film berbahasa asing pertama mungkin memenangkan film terbaik. Konon kalau Parasite terpilih, akan ‘menutup’ kritik, Oscar terlalu memihak kulit putih (dalam memilih pemenang).    

Sedang untuk Sutradara terbaik, nominasinya adalah Martin Scorsese (The Irishman), Todd Phillips (Joker), Sam Mendes (1917), Quentin Tarantino (Once Upon a Time… in Hollywood dan Bong Joon Ho (Parasite)  

Sedang aktor terbaik adalah Antonio Banderas (Pain and Glory), Leonardo DiCaprio (Once Upon a Time…in Hollywood), Adam Driver (Marriage Story), Joaquin Phoenix (Joker), dan Jonathan Pryce (The Two Popes).   

Aktris terbaik bakal jatuh kepada  Cynthia Erivo (Harriet), Scarlett Johansson (Marriage Story), Saoirse Ronan (Little Women), Charlize Theron (Bombshell), atau Renée Zellweger ( Judy). Siapakah yang bakal menjadi yang terbaik dari tiap kategori? Mari kita tunggu. Ang/G-1   

What do you think?

Written by Julliana Elora

Jamu Lamongan, BSB Tunaikan Janji di Laga Kandang

Presiden Jokowi Apresiasi Model Pengelolaan Sampah Lintas Kabupaten dan Kota di TPA Banjarbakula