in

Siapkan 4 Ribu Pasukan Pengaman Obama

Penuhi Undangan Presiden Jokowi

Meski sudah tidak menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, pengamanan terhadap Barack Obama tetap akan sangat ketat. Tak kalah ketat dengan kunjungan saat Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Azis Al Saud selama di Indonesia Februari lalu yang melibatkan sedikitnya 5.384 personel. Petugas gabungan untuk pengamanan Obama selama di Jakarta saja tak kurang dari 4 ribu anggota.

Kemarin (29/6), ada apel gelar pasukan untuk pengamanan kedatangan mantan orang nomor satu negeri Paman Sam itu. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan menegaskan bahwa semua persiapan sudah dimatangkan jelang kedatangan Obama.

Termasuk kesiapan anggoa yang terlibat pengamanan terbuka dan tertutup. ”Semuanya ada 4 ribu personil kita siapkan pengamanan itu,” ujar Iriawan usai mengawal kunjungan Presiden Joko Widodo di Taman Margasatwa Ragunan kemarin.

Dia menuturkan pengamanan tersebut bukan hanya untuk kedatangan Obama lantaran hendak bertemu dengan Jokowi saja. Tapi, juga berkenaan dengan pertemuan Obama di acara diaspora yang dijadwalkan pada Sabtu (1/7). ”Semua sudah ter-setting. Baik beberapa objek, maupun beliau (Obama) makan. Kemudian besok ke Istana Bogor,” ujar Iriawan.

Kunjungan Obama kali ini lebih bersifat sebagai liburan dan pertemuan biasa. Bukan misi kenegaraan. Apalagi, Jokowi mengundang secara pribadi Obama ke Indonesia. Sebelumnya, Obama berlibur di Bali dan berlanjut ke Yogyakarta. 

Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Obama sudah direncanakan sejak tahun lalu. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, tahun lalu, saat melakukan kunjungan ke Washington DC, Presiden Jokowi sempat mengundang Obama untuk datang ke Indonesia. ”Sudah dua kali mengundang Obama untuk berlibur ke Indonesia,” tutur pria yang akrab disapa Tata itu. 

”Nanti mungkin kalau sudah selesai bertugas (Obama) akan cari kesempatan untuk berkunjung ke Indonesia,” sambungnya.

Berdasarkan informasi, setelah berlibur ke Bali dan Yogyakarta, Obama akan tiba di Jakarta siang ini. Rombongan ayah dua putri itu dijadwalkan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat Western Air Charter INC DBA Jet Edge Gulfstream G-V N50 JE. Setibanya di Jakarta, Obama dan rombongan akan langsung menuju Hotel Mandarin Oriental, tempat mereka menginap.

Setelah itu, rombongan akan berangkat menuju Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Jokowi. Besok, kegiatan Obama dijadwalkan untuk menjadi pembicara dalam acara 4th Congress of Indonesian Diaspora di The Kasablanka, Kota Kasablanka. Minggu (2/7), Obama akan bertolak ke Seoul, Korea Selatan. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Larangan Truk Melintas Diperpanjang hingga 3 Juli

Puluhan Mantan Kombatan ISIS Terdeteksi