in

Sinergi Lurah dan Bhabinkamtibmas Payolansek: Konsultasi Hukum, Antar Akta

SINERGI: Warga berfoto usai menerima pelayanan konsultasi
hukum gratis, kemarin.(IST)

Lurah bersama Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, bersinergi dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Sinergisitas itu melahirkan dua inovasi di bidang pemerintahan.

INOVASI pertama yang digagas adalah pelayanan konsultasi hukum gratis oleh Bhabinkamtibmas Payolansek. Sedangkan inovasi kedua berupa pelayanan antar langsung akta kematian ke rumah warga.

Lurah Payolansek, Amir mengatakan, untuk inovasi pertama, pihaknya memberi pembinaan dan penyuluhan pelayanan konsultasi hukum untuk setiap warga Payolansek. Terutama yang membutuhkan informasi berkaitan dengan permasalahan hukum yang sedang dihadapinya.

“Kemudian, dalam konsultasi hukum gratis ini, juga diupayakan memberikan solusi. Terutama sekali solusi agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas di Payolansek,” kata Amir kepada wartawan, pekan lalu.

Amir menyebut, tempat konsultasi hukum gratis yang diberikan ini, langsung di Kantor Lurah Payolansek. Dengan jadwal pelayanan bisa menghubungi Bgabinkamtibmas melalui media telepon dan WhatsApp dengan nomor kontak layanan 085274896789.

“Selain di kantor lurah, warga yang ingin berkonsultasi secara langsung dapat membuat janji melalui perangkat kelurahan (RT, RW dan lurah). Atau mendatangi langsung kantor lurah dengan mengisi buku daftar tamu dan konsultasi hukum bhabinkamtibmas,” kata Amir.

Sementara, untuk inovasi kedua, yakni pelayanan menerbitkan surat atau akta keterangan meninggal dunia warga, menurut Amir, dilakukan pihaknya bekerja sama dengan Disdukcapil Kota Payakumbuh. Akta kematian diantarkan ke rumah warga yang meninggal dalam waktu paling lama 1 minggu setelah tanggal meninggal dunia.

“Yang biasanya warga yang datang ke kantor lurah dan ke Disdukcapil, sekarang kita balikkan dari pihak kelurahan yang memproses sampai diantarkan ke rumah warga yang bersangkutan,” kata Amir.

Lurah berharap dengan hadirnya inovasi ini dapat menghadirkan negara ke tengah-tengah masyarakat. Dengan begitu pelayanan publik yang diberikan tentunya memudahkan urusan masyarakat dan tidak bertele-tele. (***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kaji Jambu Anggur, Solfiyeni Karimi Raih Doktor

Bupati Halmahera Utara Apresiasi TMMD Ke 114 Kodim Tobelo