in

Sistem Informasi Pendukung KUMKM Disiapkan

JAKARTA – Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan sistem informasi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi dan UMKM. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan informasi guna mempercepat pengembangan wirausaha pemula di Indonesia.

Asisten Deputi Peran Serta Masyarakat dan KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo mengatakan saat ini pihaknya sedang merancang sistem informasi pengembangan SDM UMKM. Sistem ini akan diberi nama infokumkm.go.id, sebagai wadah interaksi antarpelaku koperasi dan UKM di Indonesia.

“Sistem informasi ini akan diperkenalkan pada April 2017 dan akan disiapkan beroperasi pada Juli 2017,” katanya di Jakarta, Selasa (23/11). Sistem informasi pengembangan SDM KUMKM ini merupakan gagasan Budi Mustopo ketika mengikuti Diklat Kepemimpinan di Lembaga Administrasi Negara (LAN) yang sedang berlangsung hingga kini.

Gagasan sistem informasi pengembangan SDM ini dikembangkan sebagai respons untuk memenuhi kebutuhan informasi seputar koperasi dan UKM di Indonesia. Budi Mustopo menjelaskan, sistem informasi tersebut memuat berbagai informasi antara lain, cerita sukses wirausaha pemula, informasi akses pembiayaan dengan perbankan dan koperasi, hingga chat interaktif antarpelaku UKM.

Dengan demikian diharapkan kehadiran sistem informasi ini bisa mendekatkan informasi yang selalu update kepada masyarakat. Terlebih semakin maraknya penggunaan smartphone, khususnya di kalangan anak muda, memperbesar peluang diaksesnya sistem informasi pengembangan SDM KUMKM sehingga dalam praktiknya akan dijangkau generasi yang produktif.

Berdasarkan data Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2016, pengguna jasa internet di Indonesia mencapai 132,7 juta. Jumlah ini meningkat 50 persen dibandingkan pengguna jasa internet pada 2014 yang hanya mencapai 88 juta. Dari 132,7 juta pengguna internet, sebanyak 70 persen di antaranya mengkases internet melalui smartphone.

Budi Mustopo mengatakan sistem informasi ini mendekatkan isu koperasi dan UKM kepada kaum muda yang sehari-hari dekat dengan gadget. Pada masa mendatang, dengan pembaharuan secara terus-menerus, sistem informasi ini akan dirancang lebih update dengan kebutuhan masyarakat.

“Website informasi KUMKM ini akan bisa diakses dari seluruh Indonesia sehingga mengurangi kesulitan atau hambatan informasi yang selama ini dialami oleh masyarakat yang jauh dari ibu kota provinsi. cit/E-3

What do you think?

Written by virgo

Kios dan Warung dekat RSUD Zainal Abidin Hangus Terbakar

Waspadai Fluktuasi Rupiah 2017