in

Sistem Online Ngadat, Pembuatan Paspor Tersendat

Pelabuhan: Suasana Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun saat musim liburan, beberapa hari lalu. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Karimun – Sistem online atau server pembuatan paspor di kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun terganggu beberapa hari terakhir ini.

Masyarakat yang mengurusan paspor hanya bisa dilayani sampai proses pemotretan. Sedangkan pembayaran di bank yang terkoneksi ke kantor Imigrasi masih belum dapat di-print.

”Gangguan server terjadi sejak Kamis lalu. Ini sudah kita laporkan ke pusat. Gangguan tersebut hampir di seluruh kantor Imigrasi di Indonesia,’’ jelas Kasi Lalulintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Gatot, kemarin (9/1).

Akibatnya, terjadi penumpukan permohonan pengurusan paspor mencapai 80 orang. Namun, sejak kemarin sudah bisa dilakukan pengurusan hanya pengambilan foto dulu. Dan pihaknya belum dapat memastikan kapan server online dapat normal kembali, namun untuk pengurusan yang lainnya tidak ada kendala.

”Mudah-mudahan kembali normal dalam beberapa hari ini. Kan, kasihan terutama orang-orang yang emergency seperti berobat maupun ingin menjenguk keluarganya yang sakit di luar negeri,’’ ungkapnya.

Sementara, saat ini ruang pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, sedang direnovasi sejak Juli 2016 lalu.

Sehingga, untuk sementara dipindahkan ke ruang depan. Namun, proses pengurusan paspor berjalan seperti biasanya.

Hanya saja prosesnya, sedikit berubah mulai pendaftaran maupun informasi di bawah dan administrasi serta foto di lantai dua.

”Jadi untuk sementara kita batasi mengambilan formulir sehari hanya 40 orang saja. Biasanya, bisa mencapai 100 orang mengurusan paspor baik secara online maupun manual,’’ tutur Gatot.

Sedangkan, secara global dalam pengurusan paspor rata-rata setiap hari bisa mencapai 100 orang.

Jadi selama satu tahun bisa mencapai sekitar 30 ribu orang, namun sejak pertengahan tahun lalu terjadi perehaban ruangan paspor. Dengan demikian terjadi penurunan paspor.

”Secepatnyalah selesai. Maklum, merehab ruangankan lebih sulit dari pada buat baru. Termasuk fasilitas jaringan internetnya juga harus dibikin sedemikian bagus. Agar saat masyarakat mengurus paspor bisa teratus, mulai proses pengambilan berkas sampai selesai,’’ singkatnya.

Seorang warga, Jurantiaz berharap, perbaikan ruangan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun segera selesai. Supaya, bisa memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

”Kalau bisa bulan ini selesai,” harapnya. (ALRION)

What do you think?

Written by virgo

Nurdin Sebut Pasar Baru Tak Teratur

45 Pejabat Berebut Lima Jabatan