in

SMAN 1 Padang Siap Ujian Berbasis Komputer

Dibantu Banyak Pihak, Kebutuhan Komputer Terpenuhi

SMAN 1 Padang menunjukkan kesiapannya melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) perdana tahun ini. Menyusul, sudah tercukupinya standar minimal kebutuhan terhadap perangkat komputer di sekolah tersebut sebanyak 100 unit.

Tahun ini, tercatat sebanyak 261 siswa mengikuti UNBK di SMAN 1 Padang. Kepala Sekolah SMAN 1 Padang Drs Nukman MSi kepada Padang Ekspres di Padang, kemarin (20/2) menyebutkan bahwa awalnya pihaknya mengalami keterbatasan perangkat komputer.

Namun, berkat dukungan alumni, orangtua siswa melalui Komite Sekolah, BUMN di Sumbar, keterbatasan komputer bisa diantisipasi.

“Awalnya, kita sempat khawatir bisa melaksanakan UNBK perdana tahun ini. Keterbatasan perangkat komputer jadi persoalan utama. Alhamdulillah, kita banyak terbantu atas keberadaan orangtua siswa melalui Komite Sekolah, alumni dan BUMN yang ada di Sumbar. Mereka bersedia membantu persoalan ini dengan memberikan sumbangan secara sukarela,” ujar pria kelahiran Padangpariaman, 12 Januari 1963 itu.

Kemarin (20/2), tambah Nukman, bantuan komputer itu diserahkan Komite Sekolah yang diketuai Prof Firman Hasan SH LLM di SMA 1 Padang. Jumlah keseluruhan komputer bantuan itu mencapai 60 unit.

Di antaranya, terdiri dari bantuan sukarela orangtua siwa baik secara patungan maupun per unit berbentuk barang sebanyak 30 unit. Lalu, alumni 13 unit dan PT Semen Padang 15 unit.

“Jadi, sekarang ini kita sudah memiliki 100 unit komputer (40 unit lainnya memang sudah ada di SMAN 1 Padang, red) atau sudah memenuhi standar minimal keberadaan komputer untuk UNBK tahun ini. Komputer ini ditempatkan di tiga labor komputer masing-masing berisi 30 unit. Sedangkan sisanya sebanyak 10 unit lagi, diperuntukan sebagai cadangan,” ujar Nukman.

Dalam UNBK nanti, tambah Nukman, pihaknya membagi siswa dalam tiga shif ujian. Namun sebelum ujian berlangsung, pihaknya melaksanakan dua tahapan simulasi yang masing-masingnya dilaksanakan dua kali ujian.

“Ya, paling kurang setiap siswa mengikuti ujian uji coba sebanyak 4 kali dalam dua tahapan simulasi. Tadi (kemarin, red), kita sudah melaksanakan simulau tahap 1. Alhamdulillah berjalan lancar,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Komite SMAN 1 Padang Prof Firman Hasan SH LLM menyebutkan bahwa bantuan komputer ini bentuk dukungan orangtua siswa, alumni termasuk BUMN di Sumbar terhadap SMAN 1 Padang untuk menyelenggarakan UNBK perdana tahun ini.

Dia berharap dukungan bersama ini bisa memotivasi sekolah khususnya siswa guna memperoleh hasil terbaik dalam UNBK.

“Kita tentu sangat berharap, dukungan ini membuat sekolah khususnya siswa, lebih siap melaksanakan UNBK, sekaligus memperoleh hasil terbaik. Sehingga, SMAN 1 Padang bisa menjadi salah satu sekolah yang hasil UNBK siswanya terbaik di Indonesia,” harap pria yang pernah menjadi Pembantu Rektor III Unand itu. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Simulasi UNBK Masih Bolong-bolong

Neraca Perdagangan RI Surplus