in

SMP Negeri 1 Kecamatan Guguak, Bangkitkan Semangat dan Nilai Luhur Patriotisme

Yenfitriza
(GURU SMPN 1 KECAMATAN
GUGUAK)

Tanggal 10 November, ditetapkan oleh Pemerintah sebagai Hari Pahlawan. Ini bertujuan untuk mengingatkan kita kembali kepada sejarah bangsa ini untuk setiap tahunnya. Dan ini juga sebagai momentum bersejarah yang menghormati perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan amanat Menteri Sosial RI dalam rangka Hari Pahlawan tahun2023, tema Hari Pahlawan ke 78 ini adalah “ Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan. Di peringatinya Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November bukan tanpa alasan.

Peringatan tersebut bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan di pertempuran Surabaya pada tanggal 10 November 1945. Selan dari itu juga bertujuan untuk mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan.

Maka penanaman nilai-nilai perjuangan ini perlu kita tanamkan kepada peserta didik selaku generasi yang akan mewariskan tongkat estafet perjuangan bangsa ke depannya.

Karena tanpa adanya pengenalan nilai nilai kepahlawan kepada anak anak kita bisa saja semangat perjuangan itu akan hilang dan memudar dari para penerus bangsa, sehingga tidak ada rasa kepahlawanan yang kita titipkan pada mereka.

Hal inilah yang menjadi tanggung jawab kita semua, maka dari itu UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak menggelar sebuah rangkaian acara guna membangkitkan semangat juang dan nilai-nilai kepahlawanan kepada peserta didinya.

Acara dikemas dengan baik dan terstruktur, sehingga kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan antusias yang besar dari semua unsur sekolah. Baik Kepala Sekolah, murid, guru dan tenaga administrasi sekolah.

Adapun acara lomba yang diangkat terdiri dari tiga cabang, yaitu, pembacaan UUD 1945, melukis dengan tema Hari Pahlawan dan lomba lagu perjuangan. Lomba ini diikuti oleh perwakilan kelas dari masing masing cabang yang dilombakan. Dengan kegiatan ini maka tergali potensi siswa dan talenta yang dimilikinya.

Sesuai dengan konsep pembelajaran berdiferensiasi yang kita terapkan dalam kurikulum merdeka, dapat dibuktikan bahwa masing masing siswa memilki bakat dan minat yang berbeda sesuai dengan keunikannya. Maka dari sini kita dapat memahami bahwa janganlah kita menuntut elang untuk bisa berenang.

Hasil dari kegiatan ini melahirkan para pemenang yang luar biasa dari masing masing tingkat kelas. Untuk mencari yang terbaik maka dari hasil keputusan dewan juri dalam lomba membaca Teks Pembukaan UUD 1945, terbaik dari kelas VII diraih oleh Shakila Fatiha Azkadian, dari kelas VIII diperoleh oleh Miya Manohara, sedangkan dari kelas IX didapat oleh Mutiara Budiyane.

Untuk melukis poster terbaik kelas VII diraih oleh Amelia Hasri, dari kelas VIII, Azka Farsya Fadilah dan terbaik kelas IX oleh Zaskia Azura. Sedangkan untuk lomba lagu perjuangan terbaik kelas VII diraih oleh Salwa Adira Putri, dari kela VIII Cahaya Nita Mutiara, sedangkan untuk terbaik dari kelas IX diperoleh Syakira.

Makna yang bisa kita raih dan pesan penting kegiatan ini adalah mengenang jasa jasa pahlawan dan meneruskan semangat juang mereka dalam membangun bangsa dan semakin mempererat rasa persatuan dan kesatuan ditengah tengah masyarakat.

Dari moment penting juga dapat menumbuhkan rasa hormat terhadap jasa para pahlawan dan dapat menegaskan kembali bahwa nilai dari perjuangan itu yang dapat mengubah tata kehidupan masyarakat masa kini.

Dengan demikian juga diharapkan kita mampu meredam gejolak gejolak kecil yang mungkin terjadi dalam kehidupan sehari hari, baik itu dilingkungan sekolah , keluarga dan masyarakat.

Harapan kita kedepannya dengan adanya peringatan hari Pahlawan tahun 2023 ini akan tercipta generasi tanggung dan mempunyai karakter yang mewarisi sifat sifat kepahlawanan para pejuang kita.

Kita mulai dari lingkungan terkecil mudah mudahan akan menebar menjadi semangat nasional yang siap berkompetisi menyonsong masa depan yang lebih baik. Walaupun kita mula dari lingkungan UPTD SMPN 1 Kecamatan Guguak, tetapi gemanya akan menyebar keseluruh pelosok negeri. (Yenfitriza, GURU SMPN 1 KECAMATAN GUGUAK)

What do you think?

Written by Julliana Elora

APBD Payakumbuh Ditetapkan Rp 775,2 Miliar

Menabung di Tabungan BRI Simpedes, Ada Ribuan Hadiah yang Diundi 2 Kali Setahun