in

Sopir Taksi “Bebersih” Taman Makam Pahlawan

Berbagai cara bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, diantaranya upacara di taman makam pahlawan oleh para pejabat, hingga aksi sosial membersihkan makam para pahlawan.

Seperti di Kota Bandung, puluhan sopir taksi melakukan aksi sosial dengan membersihkan makam pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung. Aksi bersih-bersih (bebersih) makam ini setidaknya menjadi oase ditengah panasnya amarah para sopir taksi akibat persaingan dengan taksi online.

Aksi demo bahkan sempat dilakukan di Balaikota Bandung pekan lalu. Manager Cabang Blue Bird, Gatot Indra Koswara mengatakan aksi sosial ini dilakukan sebagai bentuk pengharagaan kepada para pahlawan yang sudah berjuang memerdekakan negeri ini.

“Ini hanya aksi kecil dari kami, para sopir turun membersihkan makam dan mengecat pagar, sebelum digunakan untuk kegiatan upacara oleh para pejabat pemda,” tegas dia, di Bandung, Rabu (9/11). Sebanyak 50 sopir taksi berwarna biru itu yang suka rela turun membersihkan makam.

Selama beberapa jam mereka berhenti mencari penumpang untuk aksi bebersih makam tersebut. Dengan menggunakan alat seadanya, mereka mulai berdatangan. Tanpa dikomando, dengan izin dari kuncen Taman Makam Pahlawan Cikutra, mereka langsung membersihkan satu persatu makam.

Mengambil daun-daun kering sisa taburan bunga, membersihkan rumput-rumput dan menyapu. Nisan makam ikut pula dibersihkan, dan diusap dengan tangan kosong, sehingga nama penghuni makam menjadi lebih jelas.

“Yah, sekedar mengingat kembali perjuangan mereka dengan membersihkan makam pahlawan. Hanya ini yang kami bisa dilakukan, lewat perkumpulan sopir taksi,” ujar Dadang, salah satu sopir taksi yang ikut membersihkan makam pahlawan.

Diakuinya, ini baru pertama kali melakukan aksi membersihkan makam. Selama ini ia mengaku lupa dengan jasa pahlawan yang sudah terkubur. “Ya, walaupun sopir, kami juga bisa menikmati kemerdekaan. Mudah-mudahan kesejahteraan sopir angkutan umum, termasuk taksi seperti kami bisa semakin merdeka,” harapnya. teguh rahardjo/E-3

What do you think?

Written by virgo

Kacang “May Day” Bagi Jurnalis

Memahami Kode-kode Pada Lensa Kamera DSLR