in

Suhatri Bur Tokoh Penggerak Koperasi

Wiztian Yoetri
Wartawan Senior

Oleh: Wiztian Yoetri, Wartawan Senior

Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menganugerahi Bupati Padangpariaman Suhatri Bur SE MM sebagai salah seorang Tokoh Penggerak Koperasi Madya tingkat nasional.

Penghargaan tertinggi bidang koperasi itu, diserahkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, didampingi Ketua Umum Dekopin Prof Dr Nurdin Halid, pada puncak Hari Koperasi Nasional ke 76, di Auditorium UNP, Minggu (23/7).

Bagi Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, anugerah tersebut, tentunya menjadi prestasi tersendiri. Sejalan dengan sukses Padangpariaman meraih capaian pertumbuhan ekonomi tertinggi, 2022 sebesar 6,87 persen. Lebih tinggi dari Sumbar (4,36 persen) dan Nasional (5,31 persen)

Besarnya pertumbuhan ekonomi Padangpariaman, didukung sepenuhnya gerakan Koperasi, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Tiga gerakan tersebut tercatat sebagai penyumbang tertinggi capaian pertumbuhan ekonomi di Padangpariaman. Dan, inilah senjata Suhatri Bur dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti diketahui, belakangan gerakan Koperasi dan gerakan UMKM serta industri kreatif tumbuh subur di Padangpariaman. Sinergitas kedua gerakan ini, didukung sepenuhnya dua insitusi, Dinas Koperindag dan Dinas Pemuda, Olahraga Pariwisata dan Kreatif.

Langkah pemberdayaan ini mendapat perhatian sepenuhnya Bupati Suhatri Bur yang turun langsung ke koperasi sentra-sentra industri kecil mengajak dan memotivasi masyarakat.

Untuk gerakan koperasi, di tengah masyarakat Padangpariaman, dulu pernah berkembang Koperasi Simpanan “Bajapuik”. Aktifitas ini sempat booming, dengan basisnya, kawasan Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Koperasi Simpanan Bajapuik menjadi penopang kekuatan ekonomi keluarga, dan kini berkembang menjadi kegiatannya di koperasi industri kecil dan gerakan UMKM.

Aktifitas ini sejalan pula dengan perkembangan pasar-pasar tradisional yang diinisiasi Bupati Suhatri Bur. Pasar-pasar tradisional di Padangpariaman segera bergerak menjadi pasar wisata belanja, dengan mengedepankan produk unggulan makanan dan minuman di desa-desa dan nagari.

Maka, bertolak dari anugerah bagi Bupati Suhatri Bur sebagai salah seorang tokoh penggerak koperasi Madya tingkat nasional, adalah tantangan terbesar bagi Padangpariaman ke depan.

Terutama, untuk lebih membuktikan diri, sebagai daerah yang bertumbuh dengan koperasi, UMKM dan UKM serta industri menjadi penyangga ekonomi kerakyatan, menuju masyarakat sejahtera.

Terakhir, setiap prestasi adalah kebanggaan dan mesti punya dampak yang sangat besar terhadap kehidupan di tengah masyarakat.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ketahui Keuntungan Assessment Center bagi Perusahaan

Putin Sahkan UU yang Melarang Ganti Jenis Kelamin di Rusia