Beranda Nasional Sumsel Dijatah 800 Titik Lampu PJUTS

Sumsel Dijatah 800 Titik Lampu PJUTS

29
0
BERBAGI

Tenaga Ahli (TA) anggota DPR RI, Kms Khoirul Mukhlis yang memimpin langsung tahapan survei sekaligus pemasangan patok bakl lokasi PJUTS di kawasan Seberang Ulu 1, Kota Palembang, Rabu (9/6).(BP/IST)

Palembang, BP- Bola mata Latifah, Ketua RT 20 Lrg Demang Jambul Laut Kelurahan 2 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU)-1 nampak berbinar. Dia tak henti bersyukur setelah dinanti sekian lama akhirnya wilayah yang dia pimpin segera diterangi lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS). Ya, daerah ini termasuk salah satu titik dari total 800-an titik yang mendapatkan bantuan pemasangan PJUTS tahun 2022. Yang terlaksana melalui program Kemitraan antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM dan Komisi IV DPR RI.

“Alhamdulilah, selama ini di daerah ini kalau malam hari gelap hanya mengandalkan penerangan lampu rumah warga. Jika gelap tidak tertutup kemungkinan akan muncul gangguan kamtibmas dan hal-hal negatif lainnya,” sebut Latifah.

Untuk diketahui, khusus di Sumsel, dari total 800 titik lampu PJUTS ini diprioritaskan bagi fasilitas pendidikan seperti sekolah, pondok pesantren dan sarana ibadah serta daerah-daerah yang belum terjangkau lampu jalan. Terealisasinya bantuan 800 PJUTS tahun 2021 di Sumsel dari total sebanyak 22 titik se-Indonesia ini tak lepas dari upaya dan dukungan anggota DPR RI asal Sumsel yang duduk sebagai pimpinan Komisi VII DPR DI, Ir H Alex Noerdin,SH.

“Meskipun Pak Alex pada saat mencalonkan diri menjadi anggota DPR dari Dapil Sumsel 1. Tapi PJUTS ini diperuntukkan bagi 17 kabupaten/kota di Sumsel. Hal tersebut sebagai wujud kecintaan beliau yang pernah memimpin Sumsel selama dua periode ini,” ungkap Tenaga Ahli (TA) anggota DPR RI, Kms Khoirul Mukhlis yang memimpin langsung tahapan survei sekaligus pemasangan patok bakl lokasi PJUTS di kawasan Seberang Ulu 1, Kota Palembang, Rabu (9/6).

Disampaikan, untuk pelaksanaan pemasangan PJUTS diserahkan melalui KSO antara BUMN PT Pengembang Perumahan (PP) Tbk dengan PT Focus Indolighting.

“Tak hanya di kota, bahkan di daerah terpencil yang minim akan penerangan juga menjadi sasaran dari program PJUTS. Diharapkan setelah terpasang pesan dari Pak Alex agar ini dirawat dan dijaga karena ini untuk kepentingan bersama,’ pungkasnya. Mukhlis menyebut setelah dilakukan survei dan pemasangan patok tahapan berikut akan dilakukan pemasangan PJUTS secata bertahap dengan pekerjaan yang berlangsung selam 60 hari kalender.#osk