Palembang (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memanfaatkan aplikasi Sistem Informasi Bagian Perlengkapan (Sigap) untuk menginventarisasi aset masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).
“Aplikasi Sigap teruji cukup bagus untuk
menginvetarisasi aset, oleh karena itu pejabat dan staf di OPD diminta memanfaatkannya secara optimal,” kata Sekda Sumsel Edward Candra di Palembang, Kamis.
Menurut dia, dengan mengoptimalkan pemanfaatan aplikasi tersebut, diharapkan aset terdata dengan baik dan bisa diantisipasi potensi hilang.
“Aset milik OPD jajaran Pemprov Sumsel cukup banyak dan tersebar di banyak lokasi, dengan memanfaatkan aplikasi itu dapat terinventarisasi dengan baik,” ujarnya.
Dia menjelaskan, aplikasi Sigap disiapkan sebagai pusat transparansi data inventarisasi semua aset yang ada di seluruh OPD Pemprov Sumsel.
Selain menginventarisasi aset yang lama, aplikasi Sigap juga dimanfaatkan untuk mencatat pembelian barang baru yang bisa dijadikan aset daerah.
Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, semua aset milik Pemprov Sumsel dan jajaran OPD bisa tercatat secara digital serta dapat dipantau dengan mudah dari manapun secara daring.
“Melalui aplikasi Sigap, setiap pembelian barang dapat diketahui dengan jelas data waktu pembelian, kegiatan perawatan, dan peruntukannya,” jelas Sekda Sumsel Edward.