in

Swiatek nyaman kembali ke lapangan tanah liat Stuttgart

Jakarta (ANTARA) – Iga Swiatek merasa nyaman dapat kembali ke lapangan tanah liat di Stuttgart Open saat petenis nomor satu dunia itu mengikuti turnamen di mana ia menjadi juara bertahan dua kali.

“Saya senang bisa kembali ke permukaan ini. Jelas saya sangat menyukainya dan saya merindukannya. Senang bisa kembali,” kata Swiatek dalam konferensi pers Stuttgart Open, seperti disiarkan laman WTA, Selasa.

“Saya juga menyukai turnamen ini. Saya memiliki kenangan yang sangat indah. Mudah-mudahan saya dapat menciptakan lebih banyak kenangan lagi tahun ini.”

Swiatek mulai berlatih pada Senin (15/4). Juara tiga kali Roland Garros itu tiba di Stuttgart pada Sabtu (13/4) setelah mengantarkan Polandia ke final Piala Billie Jean King.

Bermain di lapangan keras dalam ruangan di Swiss, Swiatek unggul 2-0 pada akhir pekan untuk menutup musim lapangan keras pada awal tahun.

“Saya merasa hari ini saya bisa melakukan transisi dengan cukup cepat,” kata Swiatek.

“Saya tidak berharap bahwa saya akan merasa nyaman dari pertandingan pertama saya karena Anda selalu memerlukan beberapa pertandingan untuk mendapatkan kepercayaan diri di permukaan apa pun, bahkan jika Anda merasa nyaman di atasnya.”

Baca juga: Collins juarai Charleston Open untuk gelar kedua berturut-turut

Setelah mendapat “bye” pada babak pertama, Swiatek akan memulai upayanya untuk meraih kemenangan melawan Elise Mertens atau Tatjana Maria.

Dia berupaya menjadi petenis pertama yang menyapu bersih ajang tersebut dalam tiga tahun berturut-turut setelah Maria Sharapova melakukannya satu dekade lalu.

Petenis berusia 22 tahun itu mencatatkan rekor luar biasa dalam kariernya menang kalah 63-9 di lapangan tanah liat, dengan persentase kemenangan 87,5 persen.

Swiatek memeriksa pencapaian statistik hampir setiap pekan, dan tidak terkecuali pekan ini.

Saat musim tanah liat dimulai, Swiatek menghabiskan pekan ke-99nya di peringkat satu dunia, melewati Lindsay Davenport untuk duduk di peringkat kesembilan dalam daftar pemain sepanjang masa.

Swiatek akan merayakan pekan ke-100 di Madrid Open.

“Sejujurnya, ya, ini sebenarnya salah satu statistik (yang membuat saya tersadar dan memperhatikan),” ujar Swiatek.

“Saya pikir secara keseluruhan, bahwa saya berada di 10 besar sepanjang masa dalam hitungan pekan di No. 1, saya tidak berharap hal itu terjadi beberapa tahun yang lalu.”

Berikut petenis dengan catatan pekan terbanyak menduduki peringkat satu dunia.
1. Stefanie Graf: 377 pekan
2. Martina Navratilova: 332 pekan
3.Serena Williams: 319 pekan
4. Chris Evert: 260 pekan
5. Martina Hingis : 209 pekan
6. Monica Seles: 178 pekan
7. Ashleigh Barty: 121 pekan
8. Justine Henin: 117 pekan
9. Iga Swiatek: 99 pekan (per 15 April)
10. Lindsay Davenport: 98 pekan

Baca juga: Tsitsipas menangi gelar Monte Carlo Masters untuk ketiga kalinya

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dewa United kembali siap tempur di sisa musim IBL 2024

Polres Muara Enim turunkan tim pengurai kemacetan selama arus balik