in

Tahapan Siklus Daur Hidup Itik dan Penjelasannya

Apa Itu Itik

Hewan bebek atau yang lebih dikenal dengan itik, adalah salah satu dari banyak hewan yang masuk kedalam kategori spesies burung dan masih dalam satu keluarga Anatidae (unggas). Hewan bebek atau itik ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan kerabatnya seperti angsa leher panjang.

Perlu Anda ketahui, bahwa jenis bebek atau itik memiliki jenis yang sangat beragam. Hal ini dikarenakan adanya berbagai perkawinan silang antara bebek satu dengan lainnya dari beragam spesies. Sehingga, sangatlah sulit untuk menentukan keturunan aslinya. Berdasarkan peneliti, untuk klasifikasi bebek atau itik  adalah sebagai berikut.

Klasifikasi Ilmiah Itik

  • Kingdom  : Animalia
  • Filum  : Chordata
  • Kelas  : Aves
  • Ordo  : Anseriformer
  • Famili  : Anatidae
  • Genis  : Cairina
  • Spesies  : Cairina mpschala (itik liar, Cairina domesticus (itik ternak)

Morfologi Hewan Itik

Morfologi hewan itik dapat dilihat langsung, berdasarkan anatominya hewan itik ini berwujud kepala, badan, ekor, kaki dan dilengkapi dengan bulu. Pada kepala berbentuk seperti tanda tanya dan kepala berukuran kecil. Dikepala terdapat mata berbentuk bulat dan memiliki paruh yang melebar.

Morfologi badannya berbentuk lebar tetapi bentuk ini berbeda sesuai dengan spesies, serta memiliki leher cukup lebar tetapi tidak panjang seperti angsa. Umumnya, bentuk tubuh bebek sangat bervariasi sesuai dengan spesies dan keturunannya. Kemudian, morfologi ekor bebek memiliki ekor yang lebih pendek daripada saudaranya seperti angsa.

Pada ekor bebek terdapat bulu yang memiliki tulang cukup besar yang digunakan untuk membantu menggerakan atau pendorong saat berada di sungai atau air. Kemudian bulu pada hewan itik, memiliki bulu halus dan tentunya dengan berbagai macam warna dan variasi tergantung dari jenisnya.

Siklus Hidup Itik

1. Telur

Itik adalah salah satu hewan yang termasuk kedalam jenis unggas. Hewan ini melakukan perkembang biakan dengan cara bertelur. Itik dewasa akan mengandung calon itik kemudian bertelur. Telur tersebut akan dierami oleh induk itik selama waktu 28 hari, kemudian telur akan menetas. Umumnya, itik akan menghasilkan telur dengan jumlah 16 butir untuk sekali bertelur.

2. Anak Itik

Setelah telur menetas, anak itik akan diberi makan oleh induk sampai waktu anak itik tumbuh bulu dan bisa berjalan. Kemudian barulah anak itik bisa mencari pakan sendiri tanpa dibantu oleh induk. Anak bebek muda ini pada umur muda masih belum ditumbuhi bulu, bulu hanya berupa seperti jarum kecil-kecil.

3. Itik Muda

Setelah anak itik, tahap berikutnya adalah menjadi itik muda yang sudah ditumbuhi bulu yang lengkap. Usia ini itik sudah lincah untuk mencari pakan sendiri tanpa dibantu oleh induknya. Biasanya tahap ini itik akan bergerombolan baris dibelakang induk itik secara bersamaan.

4. Itik Dewasa

Setelah itik muda mulai tumbuh, maka berganti dengan tahap menjadi itik dewasa. Pada tahap ini, bebek mulai tumbuh dengan sempurna. Memiliki bulu yang panjang dan lebat, warna yang indah (tergantung dengan spesies) dan mulai menarik perhatian lawan jantan atau betina untuk bisa berkembang biak.

Habitat Bebek

Bebek biasanya memiliki habitat yang berada di perairan seperti air tawar seperti sungai, danau, kolam atau wilayah perairan dekat laut sekalipun.  Dikarenakan habitatnya yang berada di perairan, maka tak heran jika bebek memiliki bentuk kaki yang memiliki selaput. Fungsi selaput pada kaki itik tak lain adalah untuk memudahkan berjalan atau berenang di daerah yang  berlumpur.

Temukan lebih banyak konten menarik lain di Tanjung Pinang Pos:

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tahapan Siklus Daur Hidup Hydra dan Penjelasannya

Tahapan Siklus Daur Hidup Ikan dan Penjelasannya