in

Tampang Gagah “Compact Crossover”

Model mobil compact crossover kian diminati, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri. Dengan tampang yang lebih sporti membuat mobil ini terlihat lebih gagah dibandingkan dengan city car.

Di pasar India, hadir beberapa merek pada segmen compact crossover ini. Sebut saja Renault Kwid, Hyundai i10x, dan Maruti Ignis. Untuk bersaing dengan model ini, Toyota di India menelorkan Toyota Etios Cross. Mobil edisi khusus ini untuk mengisi kekosongan pada segmen yang dihuni oleh Maruti Ignis, Hyundai i10x, Renault Kwid yang menjadi raksasa di pasar India.

Etios Cross, mobil yang pertama diluncurkan di Brazil pada 2015 lalu ini di India dijual pada harga 680.000 rupee yang setara dengan 139,6 jutaan rupiah, dengan viaran besin diabanderol pada harga setara 169 jutaan rupiah untuk varian diesel. 

Pada Toyota Etios Cross X Edition dilakukan perubahan pada komponen body, dengan warna berbeda dibanding dengan Etios standar.  Pada bagian depan dihiasi dengan grill berkarakter, dengan plastic cladding pada bodi samping, ada juga roof rails dan pelek alloy.

“Pada bagian dalam kabinnya terlihat sporty. Dashboard-nya menggunakan warna hitam dengan pintu berlapis serat karbon. Joknya memiliki penutup kain baru dan ada sistem infotainment 6,8 inci baru yang berfungsi ganda sebagai kamera parkir belakang,” demikian tulis AutocarIndia.

Mesinnya tetap sama yaitu mesin bensin 1.200cc, sementata untuk versi diesel menggunakan mesin1.400cc. Tenaga mesin bensin mencapai tenaga 80 PS pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi 104 Nm pada 3.100 rpm. 

Sementara versi mesin diesel empat silinder diklaim mencapai tenaga puncak 68 PS pada 3.800 rpm dan torsi 170 Nm pada putaran 1.800-2.400 rpm. Tenaga selanjutnya dikirim ke transmisi manual 5 percapatan.

Di Indonesia, Toyota Etios masih mengusung konsep mobil kota. Model terakhir dirilis pada 2015, oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) yaitu Etios Tom’s sebagai varian tertinggi. Perubahannya adalah pada fascia dengan grille sporti, spoiler, side skirt, dan tambahan roof spoiler.

Produk Daihatsu 

Untuk bertanding pada segmen city car jenis crossover, Daihatsu bakal mengandalkan DN-Trec. Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, mengatakan Daihatsu tertarik untuk mendatangan DN Trec yang telah hadir pada Tokyo Motor Show 2017. 

“Selain MPV itu (DN Multisix) juga yang kami tampilkan ada crossover DN Trec,” kata Amelia. Jika melihat para pesaing yang memiliki produk compact crossover DN Trec dinilai akan menarik perhatian pasar Indonesia. Apalagi para pesaing Daihatsu sudah mendapatkan hasil lumayan pada penjualan compact crossover mereka.

Dengan ground clearance yang tinggi, DN Trec memang terlihat gagah, walau dimensinya kompak. Rodanya terlihat besar dengan kaki- kaki kekar dan fender yang menyambung dari depan ke belakang dengan cat warna hitam.

Pada bagian lampu depan telah menggunakan jenis LED dengan lampu siang hari (DRL) pada bumper depannya. Pada bagaian grille dari Daihatsu DN Trec juga minimalis dengan bilah krom yang menyambung hingga ke lampu utama.

Sebagai mobil compact crossover DN Trec bisa disebut sebagai sport utility vehicle. Mobil dengan desain elegan ini dibekali mesin bensin 660 cc. Namun demikian Toyota juga menyediaka versi mesin 1.000 cc turbo dan mesin 1.200 cc jenis hibrida. hay/E-6

What do you think?

Written by Julliana Elora

Merek Italia Luncurkan Skuter Premium

Black Widow Dihukum Mati