in

Tech Center, Grab Ramu Teknologi Untuk UMKM

Palembang, BP–Grab meresmikan Tech Center di Indonesia yang akan menjadi pusat inovasi kawasan Asia Tenggara. Fasilitas ini akan didedikasikan untuk mengembangkan berbagai solusi teknologi untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Asia Tenggara.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, Tech Center berlokasi di Gama Tower, Jakarta sebagai pusat inovasi regional Grab untuk para UMKM, Tech Center akan difokuskan untuk meriset, merancang, dan menguji coba berbagai perangkat dan teknologi yang ditujukan bagi para UMKM di Indonesia terlebih dahulu, yang kemudian akan diekspor ke pasar berkembang lainnya di Asia Tenggara.

“Kami juga ingin berkontribusi dalam mengembangkan potensi teknologi Indonesia, dan berharap dapat memboyong teknologi buatan Indonesia ke seluruh Asia Tenggara,” katanya, Kamis (12/11/2020).

Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 64 juta UMKM di mana baru 16% diantaranya yang telah terdigitalisasi.

“Inilah alasan Indonesia menjadi pasar ideal bagi Grab untuk menguji coba beragam solusi teknologi yang bertujuan untuk mempermudah bisnis terkecil sekalipun dalam memanfaatkan teknologi untuk bertransformasi ke online dan sukses dalam era digital,” jelasnya.

Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, pemulihan ekonomi Indonesia akan bergantung pada UMKM kita. Jika kita dapat meningkatkan ketangguhan mereka, kita dapat mencegah terjadinya pengurangan tenaga kerja yang lebih besar dan membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri.

“Hal ini juga menjadi wujud dari komitmen kami untuk mengembangkan talenta tanah air. Kami akan menyatukan kekuatan talenta-talenta teknologi terbaik di Indonesia untuk membangun solusi yang mudah digunakan dan dapat diandalkan untuk membantu UMKM terkecil sekalipun dalam proses digitalisasi mereka,” jelasnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia, Luhut Pandjaitan dalam pidatonya mengungkapkan, pihaknya menyambut baik dibukanya Grab Tech Center.

“Para investor seperti Grab yang berkomitmen jangka panjang bagi perkembangan Indonesia memainkan peran penting dalam membantu mewujudkan misi ‘Making Indonesia 4.0’,” ujarnya. #pit

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bawaslu Sumsel perketat pengawasan tahapan pilkada tujuh kabupaten

SMB IV di Minta Jadi Pembina Komunitas Pedagang  dan Pencinta Kuliner Nusantara