in

Ternyata, Anies Peragakan Gerakan dalam Attack on Titan Saat Tutup Debat Pilpres Ketiga

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat Debat Capres Ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) lalu. (Foto: IG Anies Baswedan)

PADEK.JAWAPOS.COM-Tak banyak yang menyadari bahwa calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan memeragakan gerakan khas dalam anime Attack on Titan saat mengakhiri sesi debat capres ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1) lalu. Gerakan itu biasanya dikenal dengan gerakan penghormatan “Shinzou wo sasageyo”.

Mulanya, Anies memberikan gerakan khasnya saat menutup debat seperti pada debat capres lalu. Namun, di sesi ini menambahkan gerakan khas dalam anime Attack on Titan tersebut. “We will no longer absence, Indonesia will be presence and Indonesia will colour the world,” katanya saat memberikan kalimat terakhir dalam debat capres.

“Indonesia absence no more, respected forever,” ucapnya sambil gerakan tangan menyilang, kemudian mengacungkan masing-masing satu jari ke atas.

Setelah itulah momen Anies memeragakan gerakan dalam anime Attack on Titan. Ia mengepalkan tangan kanannya dan menyilangkannya ke dada, sedangkan tangan kirinya mengambil gerakan ke belakang seperti gerakan istirahat di tempat.

Biasanya, gerakan itu dilakukan para pasukan pembebasan dalam anime Attack on Titan saat hendak berperang melawan musuh.

Dalam bahasa Jepang, gerakan itu selalu disertai teriakan “Shinzou wo sasageyo” yang berarti mengabdikan hatimu secara harfiah. Dalam konteks Attack on Titan, itu berarti seluruh pasukan siap mati demi kebebasan.

Diketahui bahwa capres nomor urut 1 Anies Baswedan tampaknya mulai serius menjadi wibu–sebutan untuk orang yang terobsesi dengan budaya Jepang, termasuk anime. Pasalnya, di tengah kepadatan agenda kampanyenya jelang Pilpres 2024, ia menyempatkan diri untuk menonton anime Attack on Titan.

Attack on Titan sendiri merupakan anime Jepang yang diadaptasi dari manga dan dibuat oleh Hajime Isayama pada 2009 lalu. Kemudian diadaptasi menjadi anime dan baru tuntas pada tahun 2023 ini. “Ya sekarang saya nonton (Attack on Titan). nanti di jalan juga nonton,” kata Anies setibanya di Aceh, Minggu (17/12).(jpg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Blusukan ke Bengkel Sepeda Motor, Sat Lantas Polres Pessel Sosialisasikan Maklumat Kapolda Sumbar

Pelatih akui peluang petembak Indonesia tembus Olimpiade cukup berat