in

Tidak Dalam Posisi Merugi Lagi, Ini Alasan Rico Rahmadian Albert Mundur dari Dirut PSM

PADEK.CO–Ternyata pengunduran diri Dirut Perumda PSM, Rico Rahmadian Albert sudah direncanakannya jauh-jauh hari, sekira 2 bulan yang lalu. Hal pertama yang mendasarinya adalah bahwa selama setahun menjabat sebagai Dirut PSM, kinerja PSM terus membaik dan stabil. Kemudian, secara pribadi ingin aktivitas baru.

“Dari kerugian Rp2,7 miliar pada 2021, pada 2022 Kita mampu mengurangi kerugian dengan signifikan menjadi Rp399 juta, dan di 2023 ini, PSM dalam posisi berlaba Rp220 juta pada bulan Oktober. Artinya PSM sudah bukan BUMD yang merugi dan banyak masalah lagi seperti selama ini. Makanya saya ingin memulai aktivitas baru,” ujar Rico keapada wartawan, Selasa (12/12/2023).

Soal aktivitas baru yang dimaksudnya adalah, Rico bercerita bahwa selama menjabat Dirut PSM dirinya menjalani pola hidup tidak sehat, sering lupa makan karena begitu banyak rapat-rapat koordinasi yang harus dilakukan dengan operator, Dishub, dan pihak terkait lainnya.

“Saya tidak mungkin makan saat bertemu atau melayani tamu yang datang, hanya makan kue kotak, usai itu ada rapat dengan operator, tak sempat makan siang, ya makan kue kotak lagi. Sehingga akhirnya saya mendapat asam lambung,” ujar Rico, sambil tersenyum simpul.

Rico yakin dengan semua upaya meletakkan pondasi kinerja pegawai di Perumda PSM, sehingga perlahan kinerja perumda membaik, mampu keluar dari masalah dan kerugian keuangan, ia memutuskan mengundurkan diri.

“Saya yakin blueprint yang sudah dibuat tersebut dilaksanakan sepeninggal saya di PSM. Job description setiap unsur yang ada di PSM, mulai dari pramugara, operator, back office, administrasi, keuangan, dan sebagainya, sudah duduk semuanya,” ungkap mantan beberapa Pincab BRI di Sumbar itu.

Rico menegaskan, surat pengunduran diri yang disampaikannya kepada Wali Kota Padang Hendri Septa sebagai Kepala Daerah yang Mewakili Pemerintah Daerah Dalam Kepemilikan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan pada Perusahaan Umum Daerah (KPM), murni keinginan pribadi, tanpa ada paksaan, atau tanpa ada masalah-masalah yang melatarinya.

Ditanya apa rencananya usai resmi mengundurkan dari PSM, Rico menjawab santai, “Saya touring lagi bersama kawan-kawan. Ayok siapa yang mau ikut,” ujarnya. (hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Saksikan Besok, Kaba Rupa di Galanggang Arang #8 Stasiun Solok

Pengembangan Berkelanjutan dari Smart Grid, PLN Jajaki Kerja Sama Dengan Perusahaan Asal UEA