in

Tiga Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Asal Sumbar Raih The Best Syariah Infobank Award

Wali Kota Bukittinggi selaku pemilik PT BPRS Jam Gadang menerima penghargaan infobank award atas prestasi BPRS Jam Gadang sebagai BPRS berkinerja terbaik nasional.

PADEK.CO—Bank Pembiayaan Rakyat Syariah asal Sumbar kembali menunjukan prestasi. Kali ini tiga BPRS dari Ranah Minang ini berhasil menyabet Infobank Award. Satu di antaranya berhasil meraih Golden Award Infobank.

“Ya, alhamdulillah tahun ini ada tiga BPRS dari Sumbar yang meraih Infobank. Keberhasilan ini melengkapi sukses BPR konvensional yang terlebih dahulu meraih Infobank Award. Total BPR/S yang berprestasi itu mencapai 21 BPR/S. 18 BPR konvensional dan tiga BPRS. Ketiga BPRS itu adalah PT BPRS Al-Makmur, PT BPRS Jam Gadang dan PT BPRS Haji Miskin,” ujar Ketua DPD Perbarindo Sumbar-Bengkulu, H Sofyan Sara SH MM, Kamis (28/9).

Menurut Sofyan Sara, keberhasilan puluhan BPR/S asal Sumbar mengukir prestasi ini membuktikan kepada kita semua bahwa insan BPR/S di Sumbar tidaklah kalah profesional dibandingkan BPR/S lainnya secara nasional.

“Selamat untuk PT BPRS Al-Makmur, PT BPRS Jam Gadang dan PT BPR Haji Miskin. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk bekerja jauh lebih baik di masa yang akan datang,” ucap Sofyan.

Sementara itu Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan apresiasi kepada kinerja BPRS Jam Gadang dan ucapan selamat  atas anugerah predikat “sangat bagus” dari Infobank.

Penghargaan ini merupakan bukti  komitmen  kerja keras seluruh jajaran BPRS Jam Gadang dalam menjalankan operasional bisnis perbankan. Buah dari kerja kerasnya inilah yang membuat BPRS Jam Gadang menjadi yang terbaik secara nasional dikelasnya.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan BPRS Jam Gadang  dapat terus berkembang. BPRS Jam Gadang menjadi BUMD Kota Bukittinggi yang harus bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Wako

Erman Safar mengatakan Info bank kali ini terasa sangat istimewa. Kolaborasi antara Pemko Bukittinggi selalu pemilik dengan BUMD (PT BPRS Jam Gadang) melalui program pembiayaan Utsman telah membawa banyak manfaat. Baik baik BPRS Jam Gadang maupun pemko ataupun masyarakat pelaku UMKM di Bukittinggi.

“Kolaborasi yang baik inilah bermuara pada tiga penghargaan sekaligus didapatkan. Ketiga penghargaan itu adalah Tiga penghargaan yang diraih BPRS Jam Gadang Bukittinggi ini adalah Excellent Finacial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022. The Best Financial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022 (Asset class IDR 50 billion until < IDR 100 billion). Dan The Best Of The Best Finacial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022.

Tiga penghargaan itu, dapat dijelaskan, bahwa pada kategori pertama, kategori Excellent Financial Performance Bank In 2022. Penghargaan ini adalah hasil dari penilaian berdasarkan kriteria-kriteria seperti profil risiko, tata kelola perusahaan yang baik, rentabilitas, permodalan, efisiensi, dan pertumbuhan.

Penghargaan kedua, Kategori The Best Financial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022 (Asset class IDR 50 billion until < IDR 100 billion). Penghargaan ini adalah untuk kelompok BPRS yang mempunyai aset Rp50 sampai Rp100miliar.

Pada kategori ini BPRS Jam Gadang, menjadi yang terbaik. Ada 48 BPRS yang tergabung dalam kelompok ini, Sebanyak 20 BPRS di antaranya berhasil mendapatkan predikat “sangat bagus”. Dan BPRS Jam Gadang Kota Bukittinggi, menempati posisi pertama dengan total skor 99,68.

Penghargaan ketiga, Kategori The Best Of The Best Finacial Perfomance Sharia Rural Bank in 2022. Penghargaan ini diberikan adalah untuk BPRS terbaik dari seluruh kategori penilaian.

Dari 160 BPRS yang dinilai di seluruh tingkatan permodalan, BPRS Jam Gadang mendapat nilai tertinggi. Sehingga hal inilah yang membuat BPRS Jam Gadang dinobatkan sebagai BPRS terbaik “Best of the Best”.

Dirut PT BPRS Al-Makmur Budi Nanda mengungkapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder. ” Alhamdulillah tahun buku 2022 kita bisa happy ending dan meraih Golden Award Infobank atas kinerja yang sangat bagus selama 5 tahun berturut-turut,” ucap Budi Nanda.

Terpisah, Dirut PT BPRS Haji Miskin Hendri Kamal juga menyampaikan rasa bangganya. “Ini adalah untuk kesekian kalinya PT BPRS Haji Miskin meraih infobank Award. Terima kasih untuk semua dukungannya. Semoga prestasi menjadi motivasi bagi kami untuk berkinerja lebih baik lagi di masa mendatang,” ujar Hendri Kamal.

Dirut PT BPRS Jam Gadang Feri Irawan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder dan terkhususnya Pemko Bukittinggi.

“Dukungan dan support dari pemko sangatlah terasa dan membantu BPRS Jam Gadang menjadi tumbuh dan berkembang seperti saat ini. Selain itu kami juga mengucapkan terima kasih pada nasabah setia kami terutama pelaku UMKM di Bukittinggi. Ini adalah kerja keras kita bersama, semoga sinergitas ini dapat dipertahankan dan membawa BPRS Jam Gadang jauh lebih baik lagi di masa mendatang,” tugas Feri Irawan.

Tiga BPRS asal Sumbar itu pada Rabu 27 September 2023 menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh chairman Info Bank Award, Eko B Supriyanto di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

2 Bank Sumbar Raih Penghargaan The Best Performance Sharia Award 2023

BM Hadiri HUT PKPS Bukittinggi, Bersedia Bedah Visi Misi Melalui Silaturahmi